Kompetisi Tank, Strong Europe Tank Challenge 2018 Digelar di Jerman

Gak hanya Rusia, daratan Uni Eropa ternyata juga punya hajatan lomba adu kekuatan antar tank. Kompetisi tersebut bertajuk Strong Europe Tank Challenge 2018

Pesertanya? tentu saja hanya negara-negara yang berafiliasi pro NATO total ada 8 negara yang ikut serta. Austria, Perancis, Jerman, Polandia, Ukraina, Amerika Serikat dan menghadirkan dua pendatang baru yaitu Swedia dan Inggris.

Ajang ini digelar oleh Angkatan Darat Jerman dan Komando Pasukan AMerika Serikat (AS) di Eropa (U.S Army Europe). dan tahun ini adalah hajatan ketiga.

Pada gelaran pertama tahun 2016 Jerman yang jadi juara. Lalu pada 2017 giliran Austria.

Tahun ini lomba digelar di Area Latihan Grafenwoehr, Jerman dari tanggal 3 – 8 Juni 2018.

Tujuan dari hajatan ini adalah untuk memupuk kemitraan militer, membentuk hubungan hingga tingkat personil prajurit, dan berbagi taktik, teknik, dan prosedur.


Unit-unit yang berpartisipasi dalam Strong Europe Tank Challenge 2018 adalah 6th Tank Company, 14th Panzer Battalion Austria dengan membawa Leopard 2A4; 1er Régiment de Chasseurs, 1st Hunter Regiment Perancis dengan membawa tank Leclerc; 3rd Panzer Battalion Jerman dengan Leopard 2A6; 34th Armoured Cavalry Brigade Polandia dengan Leopard 2A5; Wartofta Tank Company, Skaraborg Regiment Swedia dengan Stridsvagn 122; 1st Tank Company, 14th Mechanized Brigade Ukraina dengan membawa T-84 Oplot; Queen’s Royal Hussars Inggris dengan Challenger 2; 2nd Battalion, 70th Armored Regiment, 2nd Armored Brigade Combat Team, 1st Infantry Division dengan tank M1A2 SEP V2.

Baca Juga:  AU Iran Latihan, Rute Penerbangan Dunia Dipaksa Menyingkir Dulu

Kontes selama lima hari ini terdiri dari 13 even yang kompetitif diantaranya obstacle course, lomba menembak, Olimpiade Tanker, lomba mengemudi presisi, dan live-fire operasi ofensif dan defensif.


Menurut para ahli militer, Tank Tempur Utama (MBT) masih akan menjadi tulang punggung angkatan bersenjata di dunia, tetapi digunakan dengan strategi baru. Dengan kemampuan unik mereka untuk memberikan kombinasi mobilitas, daya tembak dan perlindungan, MBT menjadi sangat penting untuk mempertahankan wilayah Eropa.

Dalam hal penggunaan tempur, banyak tank tempur utama modern telah ditingkatkan yang menawarkan perlindungan lebih baik terhadap ATGM (Anti-Tank Guided Missile) dan ancaman RPG dan dilengkapi dengan sistem perlindungan diri baru dan remotely weapon station, yang merupakan keunggulan yang nyata untuk melakukan operasi tempur di wilayah perkotaan.

Sumber : armyrecognition.com, defence-blog.com, en.wikipedia.org, TSM

1 Komentar

Tinggalkan Balasan