Kongsberg Kenalkan Sistem Rudal NASAMS berbasis Ranpur M 113, Apakah TNI Berminat?

Pabrikan senjata asal Norwegia Kongsberg terus berinovasi terutama inovasi dengan sistem rudal pertahanan udara NASAMS yang menjadi jualan utama Kongsberg.

Melalui situs resmi Kongsberg (31/10/2019) pabrikan ini resmi memperkenalkan sistem The Army Mobile Ground Based Air Defence (Air Mobile GBAD) yang berbasis ranpur ringan M 113 buatan AS.

Sistem pertahanan ini merupakan sistem pertahanan udara jarak dekat NASAMS yang sangat mobile karena menggunakan platform M 113 yang sudah terbukti kehandalannya sebagai platform angkut pasukan pada kondisi apapun. Selain NASAMS yang menggunakan rudal AS yaitu AIM 120 AMRAMM dan AIM 9 Sidewinder.

Kongsberg juga menawarkan sistem hanud ini juga bisa memakai rudal asal Jerman IRIS T buatan Diehl Defense.

Sebagai sistem hanud mandiri Air Mobile GBAD ini juga dilengkapi dengan radar Weibel Scientific yang dapat mendeteksi dan menjejak sasaran udara pada jarak tertentu. Menurut Eirik Lie Presiden Kongsberg Defense “Kongsberg sangat bangga bisa memasok salah satu sistem pertahanan udara jarak dekat kepada AD Norwegia untuk operasi maneuver yang dilakukan oleh mereka”

Bagaimana dengan Indonesia? Kebetulan saat ini TNI khususnya TNI AD sudah mengoperasikan ranpur M113 dan TNI AU akan mengoperasikan NASAMS. Mengingat kebutuhan TNI AD untuk sistem hanud jarak dekat yang dapat melindungi armada MBT leopard sudah selayaknya TNI AD mengakusisi alutsista ini.

Sumber: World Defense News
https://www.kongsberg.com/news-and-media/news-archive/2019/contract-to-deliver-mobile-ground-based-air-defence-to-the-norwegian-army-worth-583-mnok/

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan