Korael Berhasil Bikin Mesin Tank 1500HP, Indonesia dan Turki Jadi Calon Pembeli

Diberitakan Defense World (7/8/2020) Korea Selatan melalui Agenct for Defence Development (ADD) berhasil membuat mesin khusus untuk tank berdaya 1.500 HP yang siap dipasarkan ke Timur Tengah, Asia dan Eropa. Khusus untuk wilayah Asia pihak Korea Selatan menyasar Indonesia sebagai First Customer mesin ini.

Korea Selatan menjadi Negara ketiga setelah Amerika Serikat dan Jerman yang berhasil membuat mesin tank tempur berdaya 1.500 Hp. Mesin adalah hasil dari Reverse Engineering dari mesin Jerman MTU 890 V12 yang digunakan di MBT Leopard.

Untuk mencukupi kebutuhan tank tempur berat (MBT) AD Korea Selatan, Pabrik Hyundai Rotem melakukan riset dan pengembangan MBT lokal dengan mencomot dari desain yang sudah matang. Yaitu tank MBT buatan Amerika Serikat (AS) M1A1 Abrams yang kemudian jadi tank MBT K1, buatan perdana Korsel.

Tank M1 ink kemudia berevolusi menjadi Tank K2 dengan membeli lisensi dari tank-tank MBT terkenal di dunia salah satunya MBT Leopard buatan Jerman.

Untuk memenuhi kebutuhan mesinya, pihak Defense Acquisition Program Administration (DAPA) akhirnya memutuskan untuk mengembangkan sendiri mesin berat ini dengan mencontek teknologi Jerman.

Mesin terbaru ini rencananya akan dipasang pada 100 unit tank K2, menggantikan mesin yang lama. Selain Indonesia, Turki juga membidik Turki.

Rencananya, Turki akan memasang mesin ini menjadi dapur pacu MBT Nasional Turki yaitu Altay.

2 Komentar

  1. Wah om. Artikel nya banyak yang ga pas kata2 nya. Ada korael di judul, agent, ink, kemudia, dan turki membidik turki. Sedang galau kahhh ???

Tinggalkan Balasan