Korea Selatan Kembangkan Kapal Selam DSME 2000 Berbasis Dari Chang Bogo TNI

Galangan Kapal Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME) Korea Selatan terus menunjukan taji dan meningkatkan kualitas hasilnya berawal dari lisensi kapal selam U 209 yang diberi nama lokal Chang Bo Go/CBG I dan kapal selam U 214 yang diberi nama lokal CBG II atau Son Won Il class kali ini seperti diberitakan Naval News (26/10/2019) galangan kapal DSME memperkenalkan kapal selam asli desain anak negeri yaitu DSME 2000

Menurut Jejun Park Principal Engineer dari DSME “DSME 2000 adalah kapal selam generasi baru yang kami kembangkan berdasarkan pengalaman kami dari kapal selam DSME 1400 yang dipesan oleh Angkatan Laut Indonesia. Dengan teknologi terbaru kapal selam ini dapat dikustomisasi sesuai dengan pesanan dari pembeli”

Lebih lanjut menurut Park Jejun kapal selam seberat 2000 ton ini sudah dilengkapi dengan Air Independent Propulsion (AIP) yang membuat kapal selam lebih lama untuk beroperasi dibawah laut. Dengan mesin diesel DSME 2000 diklaim dapat melaju dibawah air dengan kecepatan maksimum 20 knot dan kecepatan maksimun di permukaan 10 knot.

Dengan panjang 70,3 meter kapal ini mampu menampung 40 awak termasuk 10 orang awak tambahan yang diproyeksikan sebagai pasukan khusus. Sementara soal persenjataan Kapal selam ini dilengkapi dengan 8 peluncur torpedo 533 mm ( mampu membawa 16 torpedo + 8 torpedo cadangan)

Terakhir untuk sensor DSME 2000 sudah dilengkapi dengan Optronic, radar, ESM, Satcom dan dua tiang komunikasi. Rangkaian sensor tersebut juga sudah termasuk Cylindrical Hydrophone Array, Intercept Detection dan Ranging Sonar, Own Noise Analysis, Flank Array Sonar, Pasif Ranging Sonar, Active Operation Sonar dan Towed Array Sonar.

Baca Juga:  Helikopter Mi-17 Milik India Jalani Proses Zombie di Rusia

Sumber: World Defense Zone

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan