Korea Selatan Mulai Kerjakan Kapal Selam Chang Bogo III

Korea Selatan meresmikan mulai membangun kapal selam dengan bobot 3000ton dengan kemampuan meluncurkan rudal balistik, demikian rilis kementrian pertahanan.

Proyek kapal Chang Bogo III adalah bagian dari rencana Korsel untuk membuat 9 kapal selam dengan teknologi terkini pada 2027 untuk memperkuat armada tempur lautnya guna mengantisipasi ancaman Korea Utara.

Para pejabat dari Defense Acquisition Program Administration (DAPA) telah mulai mendiskusikan detail kapal Chabg Bogo IIi dengan pabrik Hyundai Heavy Industries Co. dan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering Co.

Kapal selam ini diperkirakan menyedot dana 630 milyar won atau setara 540 juta dollar Amerika dan membutuhkan waktu 85 bulan.


Model Bacth 1 yang akan dikerjakan dari Chang Bogo III ini, akan punya 6 peluncur rudal vertikal yang bisa diisi rudal Hyunmoo-2, rudal balistik jarak menengah dengan jangkauan 500KM.

Untuk model dari Bacth 1, kapal ke-1 dan ke-2 akan dikerjakan oleh galangan kapal Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering Co. Galangan kapal terbesar ketiga di dunia. Sedang selebihnya dikerjakan oleh Hyundai.

Dalam rencana militer Korea Selatan, kapal selam baru ininharus siap berlayar pada 2020 menggantikan armada kapal selam berbobot 1200ton yang bakal menua karena telah beroperasi sejak tahun 1992.


sumber: Yonhap News Agency

Baca Juga:  Helikopter Apache Jalani Uji Terbang Tanpa Pilot

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan