Korea Selatan Resmi Bikin Komponen Tahap Pertama Pesawat KF-X / IF-X

Di hari Valentine, 14 Februari 2019, Korea Aerospace Industries (KAI) mengadakan upacara untuk memulai pembuatan bulkhead dari fuselage depan prototipe pesawat tempur joinan dengan Indonesia, KF-X, di kantor pusat KAI di Sacheon, Korea Selatan.

Bulkhead adalah struktur utama yang berfungsi sebagai kerangka untuk mencegah deformasi pesawat karena tekanan yang dihasilkan oleh pesawat tempur kecepatan tinggi.

Saat ini, pekerjaan KF-X adalah sekitar 15% dari total gambar desain, dan diperkirakan akan lebih dari 80% setelah bulan September ketika tinjauan desain kritis selesai. KF-X telah lulus System Requirement Review dan System Functional Review 2016 sejak dimulainya pengembangan sistem pada Desember 2015.


Pada tahun 2018, outline pesawat telah dikonfirmasi melalui Preliminary Design Review, dan pengembangan berjalan lancar seperti yang direncanakan.

KF-X dijadwalkan untuk diluncurkan pada April 2021. KF-X adalah proyek litbang terbesar di Korea untuk memenuhi konsep operasi medan perang masa depan AU Korea Selatan.

Indonesia ikut menyumbang pendanaan dan tenaga ahli, diproyeksikan 20 unit dari pesawat ini nantinya akan dibuat di Indonesia untuk TNI AU.

Saat ini, sekitar 112 lembaga, termasuk 16 universitas domestik, 11 lembaga penelitian dan 85 perusahaan, berpartisipasi dalam proyek pengembangan sistem KF-X. Ketika prototipe telah berfungsi, 35 lembaga tambahan akan ikut berpartisipasi.


Sekitar 700 orang direkrut pada 2018 untuk mengembangkan sistem KF-X, dan sekitar 400 orang akan direkrut tahun ini selama desain terperinci. Secara khusus, pada akhir tahun lalu, sekitar 260 insinyur desain di industri pembuatan pesawat telah direkrut.

Baca Juga:  Iran Pamerkan Rudal dan Pesawat Tempur Terbaru, Siap Hadapi Israel dan Amerika

Sumber : newsfreezone.co.kr, TSM Angga Saja

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan