Korea Selatan Tambah Rudal Taurus 

IHS Janes edisi 5 Oktober melaporkan bahwa militer Korea Selatan berencana membeli tambahan 90 rudal jelajah Taurus KEPD 350K (Kinetic Energy Penetration Destroyer) karena meningkatnya ancaman dari Korea Utara. 

Korea Selatan telah membeli 170 rudal Taurus KEPD 350K, pada 2013. Rudal jelajah udara ke perrmukaan tersebut dijadwalkan tiba di Korea Selatan, pada akhir 2106 dan awal 2017. Rudal jelajah Taurus KEPD-350K akan menjadi senjata andalan pesawat tempur F-15K Slam Eagle Angkatan Udara Korea Selatan. Negara ini akan menjadi negara pertama di Asia yang mengoperasikan pesawat tempur bersenjata rudal jelajah canggih buatan Jerman. Taurus KEPD 350K mampu menghancurkan target sejauh 500 km lebih. 

Rudal jelajah Taurus KEPD 350K dibuat oleh Taurus Systems, perusahaan patungan LFK-Lenkflugkörpersysteme GmbH zur (EADS/MBDA) dan Saab-Bofors Dynamics. Rudal jelajah ini dirancang untuk menghancurkan target-target, seperti fasilitas pangkalan udara, bunker, fasilitas pelabuhan, pusat kendali dan komunikasi, gudang amunisi, jembatan, kapal-kapal di pelabuhan, dan jalan raya. 

Rudal Taurus KEPD- 350K didesain untuk digotong oleh pesawat tempur Tornado, F/A-18, Eurofighter, dan JAS 39 Gripen. Korea Selatan telah mendapatkan izin untuk membeli sistem Penerima GPS dari pemerintah Amerika Serikat. Sistem Penerima GPS diperlukan untuk mengintegerasikan rudal buatan Jerman dengan pesawat tempur buatan Amerika Serikat, seperti F-15K Slam Eagle Korea Selatan. 

Rudal Taurus KEPD 350K terbuat dari beberapa bagian modular yang dapat disesuaikan dengan misinya. Rudal jelajah ini mampu ditembakkan pada segala cuaca, siang maupun malam. Taurus KEPD 350K mampu terbang rendah sehingga sulit dideteksi radar lawan. Rudal ini membawa hulu ledak seberat 481 kg dengan kemampuan penetrasi yang tinggi sehingga dapat menembus dinding target yang tebal dan kuat. Taurus melaju dengan kecepatan subsonik 0,6 – 0,95 Mach atau 741 km/jam – 1173 km/jam.

Baca Juga:  Taiwan Gunakan Mesin Bekas Pesawat F-5 Digunakan Untuk Rudal Jelajah

Rudal jelajah Taurus KEPD 350K menggunakan sistem navigasi Tri-Tec, kombinasi data dari inertial navigation system (INS), MIL-global positioning system (GPS), terrain reference navigation (TRN), dan sensor navigasi infra-merah berdasarkan gambar (image based navigation-IBN). Rudal ini juga dapat terbang jauh tanpa sistem GPS, tetapi dengan sistem perencanaan misi yang terintegrasi untuk menentukan jalur penerbangan. (Herru Sustiono-TSM)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan