Korea Selatan Uji Peluncuran Rudal Jelajah Jaesong III Dari Kapal Selam Son Won II

Angkatan Laut Korea Selatan telah melakukan uji peluncuran rudal jelajah Hyunmoo-3 buatan dalam negeri dari kapal selam kelas Son Won II (Type 214). Hyunmoo-3 varian yang diluncurkan oleh kapal selam dinamai sebagai Haeseong III oleh Angkatan Laut Republik Korea.

SSM-700K Haeseong adalah keluarga rudal jelajah anti-kapal permukaan-ke-permukaan sea skimming yang dikembangkan oleh Badan Pengembangan Pertahanan Korea Selatan (Agency for Defense Development – ADD), LIG Nex1, dan Angkatan Laut Republik Korea pada tahun 2003.

Haeseong III adalah rudal jelajah serang darat supersonik, berpemandu presisi, diluncurkan kapal selam. Ini adalah varian ketiga yang dikembangkan dalam seri rudal jelajah Haeseong Korea Selatan dan memiliki jangkauan sekitar 1.500 km. Rudal ini memasuki kedinasan operasional pada tahun 2013.

Menurut sumber militer Korea Selatan, Haeseong III memiliki jangkauan 1.500 km dengan circular error probability (CEP) 1-3 m. Rudal tersebut dapat mencapai kecepatan maksimum 830m/detik. Rudal diluncurkan dari tabung torpedo kapal selam, sehingga memungkinkan untuk mempersenjatai kapal selam yang tidak memiliki sistem peluncuran vertikal yang lebih canggih.

Type 214 adalah kapal selam diesel-listrik yang dikembangkan oleh perusahaan Jerman Howaldtswerke-Deutsche Werft GmbH (HDW). Kapal selam ini memiliki fitur propulsi diesel dengan sistem air-independent propulsion (AIP) menggunakan sel bahan bakar hidrogen polimer elektrolit membran (PEM) buatan Siemens.

Angkatan Laut Republik Korea telah memesan sembilan kapal selam Type 214, yang diberi nama kelas Son Won-Il, yang dibangun di Korea oleh Hyundai Heavy Industries dan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering; tiga kapal selam batch pertama mulai beroperasi sejak 2007, dan enam kapal selam batch kedua beroperasi mulai 2012.

Baca Juga:  Kecanduan Sosmed, Pilot AU India Kurang Tidur

Sumber : navyrecognition.com via TSM

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan