Korea Selatan Uji Tembak Rudal Hyunmoo-4

Media Korea Selatan (Korsel) Yonhap,melaporkan bahwa militer Korsel telah melakukan uji tembak pertama dari rudal jelajah balistik baru bernama Hyunmoo-4 pada bulan lalu dengan jangkauan yang lebih jauh dan daya angkut hulu ledak lebih berat, kata narasumber pemerintah Korea Selatan, Kamis 7 Mei 2020.

Uji coba penembakan Hyunmoo-4 dilakukan di lokasi uji coba Anheung yang dijalankan oleh Badan Pengembangan Pertahanan Korea Selatan di Taean di pantai barat Korea Selatan, tetapi satu dari dua rudal yang diuji dilaporkan mengalami kegagalan.

Hyunmoo adalah keluarga rudal balistik yang dirancang dan dikembangkan oleh Korea Selatan. Varian pertama, Hyunmoo-1 dilakukan uji peluncurannya pada tahun 1986 dengan muatan 480 kg dan pada jangkauan 180 km. Hyunmoo-1 merupakan pengembangan dari rudal permukaan-ke-udara Nike Hercules buatan Amerika Serikat

Hyunmoo-2A adalah yang pertama dari upaya Korea Selatan untuk mengembangkan rudal balistik buatan dalam negeri yang lebih baru dengan jangkauan yang lebih jauh, melebihi Hyunmoo-1. Versi ini dapat mencapai target pada jarak maksimum 300 km. Korea Selatan lalu memperkenalkan Hunmoo-2B yang masuk kedinasan pada 2009. Rudal ini meningkat jangkauannya menjadi 500 km. Versi upgrade dari Hyunmoo-2B, bernama Hyunmoo-2C, diluncurkan pada tahun 2017. Rudal balistik memiliki meningkat jangkauannya menjadi 800 km.

Pada tahun 2006, kementerian pertahanan Korea Selatan merilis pernyataan bahwa mereka telah menguji beberapa rudal jelajah dengan nama Hyunmoo-3 yang mirip dengan Tomahawk buatan Amerika Serikat. Model resmi pertama, Hyunmoo-3B, diluncurkan pada 2009 dengan jangkauan maksimum 1.000 km.

Baca Juga:  Myanmar Minta Lisensi Produksi Jet Tempur JF-17 Dari Pakistan-China

Menurut informasi Korea Selatan, rudal balistik Hyunmoo-4 yang baru dilengkapi dengan hulu ledak 1.000 kilogram (2.200 pon) diklaim mampu menghancurkan fasilitas militer bawah tanah, pusat-pusat komando Korea Utara. Hyunmoo-4 yang baru ini diperkirakan memiliki jarak jangkuan maksimum 800 km.

Posting oleh : Angga Saja
Sumber : armyrecognition.com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan