Korea Utara Dituduh Meluncurkan Uji Coba Tiga Rudal

Militer Korea Selatan mengklaim bahwa Korea Utara meluncurkan telah melakukan uji ciba tembak tiga rudal balistik ke arah perairan korea selatan di lepas pantai timur korea pada Senin (05/09) seperti dilansir oleh kantor berita BBC.

Peluncuran tiga rudal balistik terjadi hanya beberapa jam setelah Presiden Korea Selatan Park Geun-hye dan Presiden Cina Xi Jinping mengadakan pertemuan di sela-sela KTT G20 di Hangzhou, Cina. Terkait dengan uji coba nuklir dan peluncuran rudal, Presiden Park menyerukan kerja sama lebih erat dengan Cina yang menjadi sekutu Korea Utara.

Menurut kepala staf gabungan militer Korea Selatan, tiga rudal balistik diluncurkan dari wilayah Hwangju. Sejauh ini belum ada informasi rinci mengenai jenis rudal maupun jarak tempuhnya.


replika rudal Scud yang mirip dengan rudal yang diluncurkan Korea Utara. Foto: bbc

Korea Utara sebenarnya dikenai larangan melakukan uji coba nuklir atau uji coba teknologi rudal balistik, tetapi negara itu tetap melakukan serangkaian uji coba rudal selama beberapa bulan terakhir.


Peluncuran rudal balistik kali ini dilakukan dua pekan setelah peluncuran rudal balistik dari kapal selam bertepatan dengan permulaan latihan militer gabungan Korea Selatan dan Amerika Serikat yang diadakan setiap tahun dan yang selalu membuat marah Korea Utara.

Baca Juga:  Fugaku G10N, Pesawat Bomber Antar Benua Jepang Yang Gagal Produksi

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan