Korea Utara Luncurkan Rudal Melintasi Wilayah Udara Jepang

Foto: SFGate.com

Korea Utara (Korut) menembakkan sebuah rudal tak dikenal yang melewati wilayah udara Jepang, Selasa (29/8/2017) pagi. Meski menembus wilayahnya, Jepang tidak berusaha menembak jatuh rudal Pyongyang itu.

Insiden ini memaksa pemerintah Perdana Menteri Shinzo Abe mengaktifkan sistem peringatan “J-Alert”.

Rudal Korea Utara melewati wilayah Jepang sekitar pukul 06.06 waktu setempat. Meski tidak menembak jatuh, pemerintah negara itu memperingatkan warganya untuk melakukan tindakan pencegahan.


Pemerintah Abe mengumumkan bahwa rudal tersebut jatuh ke Laut Pasifik, sekitar 1.180 km timur Cape Erimo, Hokaido, hanya 14 menit setelah ditembakkan.

Otoritas nuklir setempat memastikan bahwa fasilitas atom Jepang tidak mengalami kerusakan. Melansir laporan NHK, tidak ada kapal dan pesawat terbang yang rusak karena rudal tersebut terpecah menjadi tiga bagian sebelum jatuh ke perairan.


Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga menggambarkan tindakan terbaru Pyongyang sebagai ancaman serius. Dia menyatakan, rudal yang menembus wilayah udara Jepang adalah rudal balistik.

”Peluncuran rudal balistik ini melayang di atas wilayah kita. Ini adalah ancaman serius, serius dan serius bagi bangsa kita,” kata Suga kepada wartawan, yang dilansir Reuters.

Suga menambahkan bahwa Tokyo akan bekerja sama dengan Washington dan Seoul, serta negara-negara regional lainnya untuk memberikan respons yang tepat terhadap Pyongyang.

Sumber: sindonews.com

Baca Juga:  Aljazair Resmikan Dua Kapal Selam Kelas Kilo

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan