Korea Utara Uji Coba Rudal Terbesar Sejak 2017

Korea Utara pada hari Minggu meluncurkan rudal paling kuatnya sejak 2017, yang berpotensi menandai berakhirnya empat tahun moratorium penghentian uji coba jarak jauh yang diberlakukan sendiri oleh sang pemimpin Kim Jong Un.

Jepang bergegas untuk menganalisis peluncuran uji coba senjata bersenjata nuklir itu. Bahkan Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno, juru bicara utama pemerintah, mengadakan dua konferensi pers yang terburu-buru pada Minggu pagi itu mengomentari uji coba Korut itu.

“Mengingat rudal balistik mencapai ketinggian sekitar 2.000 kilometer dan terbang sekitar 800 km, kemungkinan itu adalah rudal balistik jarak menengah atau lebih jauh,” kata Matsuno.

Sebelumnya, dia mengatakan bahwa rudal itu diperkirakan terbang sekitar 30 menit dan tidak mendarat di dalam zona ekonomi eksklusif Jepang, yang membentang 200 mil laut (370 km) dari pantainya. Rudal itu tampaknya diluncurkan pada lintasan “tinggi”, atau hampir lurus ke atas untuk menghindari menghantam negara-negara terdekat seperti Jepang.

Uji Coba yang dilakukan Korut selalu membikin panik negara tetangganya untik menaikkan daya tawar negara itu pada perundingan diplomatik dan permintaan bantuan dana pada negara donor kemanusiaan. Inilah politik pemalak gaya preman Korut.

Baca Juga:  Rusia Hentikan Kiriman Gas Ke Belanda Karena Menolak Bayar Pakai Rubel

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Korea Utara Habiskan Dana 650 Juta Dolar Untuk Rudal Saat Covid-19 Mewabah – MiliterMeter.com
  2. Array - RagamNews.com

Tinggalkan Balasan