Korsel Pamerkan Helikopter Serang Maritim, TNI Minat Enggak Ya?

Akhir-akhir ini TNI jadi pelanggan alutsista buatan Korea Selatan, mulai dari kapal selam, pesawat latih tempur sampai APC Bekas. Nah kali ininada satu produk lagi dari korsel yang menarik, yaitu heli angkut yang dimodifikasi jadi helikopter serang.

Diberitakan oleh Janes (5/11/2019) Korea Aerospace Industries (KAI) memperkenalkan varian terbaru dari heli angkut serbaguna KUH 1 Surion yaitu Light Armed Helicopter (LAH) Marine Version yang ditampilkan di Pameran Aerospace and Defence Exhibition (ADEX) yang telah berlangsung di Seoul tanggal 15-20 Oktober 2019.

Dalam mock up tersebut KAI menampilkan heli serang tersebut dilengkapi dengan kanon Gatling gun kaliber 20 mm yang dipasang di dagu bersama dengan sensor elektro optic/inframerah (EO/IR), sementara di sayap kecilnya (Stub wing) terdapat setidaknya enam cantelan untuk mengakomodasi roket multilaras kaliber 70 mm serta Quad launcher rudal anti tank.

Sebagai informasi KUH 1 Surion adalah lisensi KAI untuk helikopter EC 725 yang secara khusus dikembangkan untuk heli angkut serbaguna, namun di tangan KAI heli ini berubah peran menjadi heli serang. Dalam hal ini sempat ada kekhawatiran dari pihak Airbus namun melihat kompetensi dari Insinyur KAI rasa cemas itu hilang “ini bukan hal yang mudah memodifikasi heli angkut menjadi heli serang murni, ada segala macam masalah dengan berat dan pusat gravitasi namun KAI memiliki kompetensi tersebut”

Baca Juga:  Arab Saudi Terbukti Gunakan Bom Cluster di Yaman

Walaupun belum teruji di lapangan akankah TNI AL berminat untuk mengakusisi heli serang ini? Jika melihat kebelakang Indonesia adalah selalu pembeli pertama (first customer) produk alutsista Korea yang belakangan tambah laris.

Sumber: janes.com/world defense zone

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan