Korsel Segera Mulai Pembuatan Dua Kapal Korvet Pesanan Filipina

Pemotongan baja untuk dua korvet yang akan diakuisisi Filipina dari galangan kapal Korea Selatan Hyundai Heavy Industries (HHI), diharapkan akan dimulai pada kuartal keempat tahun ini.

Juru bicara Departemen Pertahanan Nasional (DND) Arsenio Andolong mengkonfirmasi hal ini ketika mencari pembaruan tentang Program Akuisisi Korvet (CAP) Angkatan Laut Filipina (PN).

“(HHI) menyelesaikan tinjauan desain awal (PDR) untuk korvet minggu lalu. Itu akan dikenakan TIAC (Komite Inspeksi dan Penerimaan Teknis). Setelah PDR disetujui oleh TIAC, HHI kemudian akan melanjutkan untuk melakukan CDR ( Critical Design Review),” tambahnya dalam pesan Kamis malam.

Andolong mengatakan pemotongan baja akan dimulai setelah CDR ditinjau dan disetujui oleh TIAC.

CDR dianggap sebagai “kitab pembuat kapal” saat kapal sedang dibangun.

“Hanya setelah CDR disetujui oleh TIAC, pemotongan baja akan dimulai. Ini akan dimulai pada kuartal keempat atau sekitar November,” kata Andolong.

Pemotongan baja secara resmi memulai pembangunan kapal apa pun.

DND menandatangani kontrak senilai PHP28 miliar dengan HHI untuk akuisisi dua korvet baru untuk PN, yang mampu melakukan misi anti-kapal, anti-kapal selam dan anti-perang udara, 27 Desember lalu.

Mantan menteri pertahanan Delfin Lorenzana sebelumnya mengumumkan bahwa badan tersebut dapat memenuhi targetnya untuk memiliki kontrak Proyek Akuisisi PN Corvette Lot 1 yang ditandatangani sebelum akhir tahun 2021 meskipun ada penundaan yang disebabkan oleh pandemi penyakit coronavirus 2019 (Covid-19).

Baca Juga:  Israel Akui Membantu Pemberontak Suriah Untuk Gulingkan Presiden Bashar

Lorenzana mengatakan memperoleh dua korvet dari HHI, di mana dua frigat rudal kelas Jose Rizal juga dibangun, akan memastikan kesamaan dan interoperabilitas.

Surat Perintah Penjatahan Penjatahan Khusus Uang Muka 15 persen CAP PN senilai PHP3,75 miliar itu dirilis Departemen Anggaran dan Manajemen pada 10 Desember 2021.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan