Krasukha, Senjata Eletronik Rusia Mampu Lumpuhkan Pesawat F-35 dan F-22

Di era sekarang, sejata jammer elektronik atau electronic counter measure (ECM) punya peran penting. Senjata ini mampu menonaktifkan elektronik musuh dengan gelombang elektromagnetik atau electromagnetic pulse (EMP).

Megara-negara seperti Amerika Serikat, Korea Utara, Rusia dan Iran bisa melumpuhkan pertahanan negara dengan senjata elektromagnetiknya.

Diberitakan oleh Avia Pro (10/2/2020) Rusia telah berjasol menciptakan Krasukha, sistem senjata bertelnologi EMP yang mampu melumpuhkan pesawat F-35 dan F-22.

Dalam kinerjanya selama di Suriah, Krasukha menunjukan performanya untuk mengacak sinyal-sinyal GPS secara efektif dan efisien. Dengan macetnya sinyal GPS membuat jet-jet tempur Israel seperti F 35 dan F 16 kesulitan untuk menentukan lokasi sasaran di wilayah Suriah

Berdasarkan sumber-sumber Israel yang dirahasiakan “Rusia sedang berusaha mengganggu sinyal GPS dua pesawat paling modern AS yaitu F 22 Raptor dan F 35 serta drone teroris yang berusaha menyerang Damaskus, akibat gangguan tersebut muncul efek samping yaitu lumpuhnya GPS untuk penerbangan sipil”

Sedangkan menurut National Interest kelebihan dari Sistem Krasukha ini adalah tidak menyerang GPS yang berbasis kendaraan darat, sistem ini hanya menyerang wahana udara. Kelebihan lainnya Krasukha dapat mengirim “sinyal” GPS palsu yang 500 kali lebih kuat dari sinyal asli sehingga pesawat penyerang dapat kehilangan arah bermil-mil jauhnya terhadap sasaran aslinya.

Menurut Klaim Rusia jangkauan efektif untuk sistem Krasukha ini adalah sekitar 300 Kilometer.