KRI Bima Suci Raih Gelar Kapal Paling Dicintai di Sail Regatta 2018 Rusia

KRI Bima Suci yang mengikuti perhelatan Sail Regatta sejak 27 Agustus hingga 12 September 2018 berhasil meraih penghargaan bergengsi Friendship Trophy.

Bima Suci dinilai para juri sebagai “Most to Promoting Internasional Friendship and Understanding”, kapal yang paling dicintai, dikenal, dan paling ramah oleh masyarakat setempat.

KRI Bima Suci juga dinobatkan sebagai kapal terheboh dan termeriah. Penilaian para juri sudah dimulai sejak awal lomba balap kapal di Yeosu, Korea Selatan, hingga berakhirnya Sail Regatta di Vladivostok, Rusia.

“Hasil apapun yang diperoleh menjadi investasi di masa depan bagi pengawak kapal dan juga para taruna. Ini menjadi modal pengalaman yang berharga untuk KRI Bima Suci melakoni pelayaran dan race-race berikutnya,” kata komandan KRI Bima Suci Letnan Kolonel (P) Widiyatmoko Baruno Aji.

Ketua panitia Sail Regatta Michael Bowles mengatakan, para juri kesulitan menentukan tim mana yang berhak mendapatkan penghargaan ini.

“Semua tim telah berusaha menampilkan segala yang dimilliki, baik keramahtamahan, juga sikap hangat dan bersahabat antar-satu tim,” kata dia.

Penerus Dewaruci


KRI Bima Suci adalah kapal layar tiang tinggi penerus KRI Dewaruci yang sudah pensiun. Sail Regatta adalah pelayaran perdana KRI Bima Suci dalam misi Kartika Jala Krida Luar Negeri 2018.

Kapal berkelir putih itu berlayar menuju Vladivostok, kota pelabuhan terbesari di Rusia di tepi pantai Samudera Pasifik.

Baca Juga:  Dibalik Molornya Pembelian Sukhoi Su-35

Di Vladivostok Kapal berawak 118 kadet Akademi TNI AL tersebut bertemu puluhan kapal bertiang tinggi dari berbagai negara.


Selain memperoleh Frendship Trophy, KRI Bima Suci juga mendapat sejumlah penghargaan lain. Untuk kategori kecepatan berlayar dari Yeosu, Korea Selatan, menuju Vladivostok, KRI Bima Suci mendapat juara 2. Juara pertama diraih kapal Nadezha dari Rusia.

KRI Bima Suci juga mendapat special trophy dari Walikota Vladivostok. Penghargaan ini sekaligus menjadi kado ulang tahun KRI Bima Suci yang pertama.

KRI Bima Suci Juara Kedua Sail Regatta 2018 Puncak perhelatan Sail Regatta berlangsung pada 12 September dengan agenda utama penyerahan trofi kepada para pemenang. Seluruh peserta yang ikut rangkaian Sail Regatta melakukan kirab atau pawai yang bertujuan mengenalkan budaya negara asal.

Anggota KRI Bima Suci dan taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) menampilkan genderang suling dan mengenakan ragam pakaian adat nusantara.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan