KRI Tarakan 905 Kapal Tanker Asli Buatan Indonesia

Kedatangan Kapal Tanker KRI Tarakan-905 di Dermaga Madura Komando Armada Republik Indonesia Kawasan Timur, Ujung Surabaya, kemarin (8/9), menambah kekuatan Koarmatim. Kehadirannya disambut langsung oleh Pangarmatim Laksamana Muda TNI Darwanto.

KRI Tarakan-905 merupakan produksi dalam negeri. Sebelumnya Koarmatim telah memiliki beberapa kapal tanker yaitu KRI Balikpapan-901, KRI Sambu-902, KRI Arun-903 KRI Sungai Gerong-906 dan KRI Sorong-911.

KRI Tarakan-905 yang dibuat PT Dok Perkapalan Kodja Bahari (Persero) ini mempunyai panjang 122,4 meter dan lebar 16,5 meter yang mampu mengangkut minyak 5.500 matrik.
Sebagai kapal tanker, KRI Tarakan ini bisa menyuplai bahan bakar kapal perang lain agar bisa lebih lama beroperasi di laut.


“Yang membanggakan, kapal ini asli buatan dalam negeri yang pembuatannya dimulai pada tahun 2012 silam.” ungkap Pangarmatim Laksamana Muda TNI Darwanto.

Koarmatim sendiri mempunyai banyak jajaran armada kapal buatan anak bangsa sendiri seperti kapal Korvet dan kapal Patroli.

KRI Tarakan-905 yang dikomandoi Letkol Laut (P) I Nyoman Surya ini punya peran yang strategis dan taktis. Seperti misi SAR dan beragam operasi militer bukan perang.


“KRI Tarakan ini bisa juga difungsikan sebagai kapal markas serta mempunyai landasan helikopter.” ujar lulusan Akademi Angkatan Laut tahun 1984 ini.

Baca Juga:  UAV CH-5 Tiongkok Lakukan Uji Coba Live-Fire dengan Senjata Presisi Baru

Tinggalkan Balasan