Kru Terkena Corona, Kapal Selam Nuklir Rusia RFS Orel Lockdown

Sebuah kapal selam serang Nuklir (SSGN) Project 949A Kelas Oscar II RFS Orel dari Armada Utara AL Rusia harus Lockdown karena seluruh awaknya diduga terinfeksi Virus Corona dari kontraktor sipil yang berkunjung ke dalam kapal tersebut untuk Inspeksi perawatan rutin.

Untuk mengatasi serangan Covid 19 tersebut pihak Kemhan segera bertindak cepat untuk segera mengkarantina seluruh personil yang berjumlah 110 orang dan kapal selamnya di dalam markas yang terletak Zapadnaya Litsa, Semenanjung Kola barat laut Murmansk. Untung saja pangkalan ini merupakan kawasan tertutup sehingga diharapkan Covid 19 tidak menyebar keseluruh kota Severomosk yang tempat markas Armada Utara Rusia.

Sebagai informasi RFS Orel adalah salah satu dari delapan kapal selam Kelas Oscar II Era Soviet yang masih berdinas di AL Rusia, dua diantaranya yaitu Chelyabinsk dan Irkutsk sedang menjalani modernisasi di Galangan Zvezda sementara satu unit hilang karena kecelakaan yaitu Kursk, sedangkan satu unit lagi sedang dikembangkan menjadi project 09852 Belgorod.

Sebagai senjata strategis AL Soviet pada tahun 1980an, Oscar II memiliki hull (lambung) berbadan lebar khas dengan kompartemen panjang di kedua sisi antara lambung dalam dan luar kapal. Masing-masing dari dua kompartemen ini berisi peluncur untuk 12 rudal jelajah anti-kapal P-700 Granit (NATO : SS-N 19 Shipwreck) selain itu juga menembakan Torpedo kelas berat 533 mm RPK 6 Vodopad (NATO : SS-N-16 Stallion).

Baca Juga:  Diterjang Badai, Sejumlah Pesawat Tempur F-22 Raptor Dilaporkan Rusak

Kedepan dua kapal selam kelas Oscar II yang saat ini sedang menjalankan modernisasi yaitu Chelyabinsk dan Irkutsk mampu menembakan rudal baru yang lebih modern seperti P 800 Oniks atau 3M22 Zircon yang nampaknya akan menjadi senjata standard bagi kapal perang dan kapal selam AL Rusia.

Sumber: Barents Observer (28/3/2020)
/ World Defense Zone