KSAU AS Marsekal David L. Goldfein Jajal Jet Tempur Tejas Buatan India

Kepala Staf AU Amerika Serikat Marsekal David L. Goldfein yang datang ke India untuk kunjungan resmi dengan dikawal oleh Panglima AU AS Pasifik Jenderal Terrence O’ Shaughnessy.
Kepala Staf Angkatan Udara AS David Goldfein hendak meningkatkan hubungan militer antara AS dengan India, dan menekankan hubungan yang kuat antara dua negara. Marsekal Goldfein mengatakan bahwa India adalah negara yang mengoperasikan armada C-17 Globemaster III kedua terbesar di dunia setelah AS.

Selagi di India, sang KSAU pun diajak mencicipi rasanya terbang dengan jet tempur rasa negeri kari India, Tejas LCA (Light Combat Aircraft). Jarang-jarang seorang KSAU AS menjajal jet tempur negara lain dalam kunjungan resmi, dan ini kali pertama pula Tejas dicoba oleh seorang Kepala Staf negara lain.

Maka, Marsekal Goldfein pun datang ke Pangkalan AU India di Jodphur, yang terletak di gurun Rajashtan. Di hari Sabtu yang seharusnya tak ada sorti itu, Marsekal Goldfein duduk di kursi belakang jet tempur Tejas. Yang duduk di kursi pilot in command adalah Mardekal Madya A.P. Singh yang sebelumnya juga pernah menerbangkan Menteri Pertahanan Singapura Dr. Eng En Hen.
Marsekal Goldfein, pilot tempur dengan 4.200 jam terbang dan bahkan pernah tertembak jatuh di Serbia, memuji performa Tejas sebagai jet tempur yang responsif. Terbang bareng pejabat penting dari negara lain nampaknya jadi modus operandi untuk meningkatkan eksposur Tejas di dunia internasional.

Baca Juga:  Cantiknya 16 Calon Pilot Perempuan Pertama Rusia

Tejas di dalam negeri sendiri memperoleh dukungan kuat setelah Pemerintah India memutuskan untuk memesan 83 unit varian Tejas MK 1A untuk Angkatan Udara India, setelah saling lempar bola karena keengganann AU India untuk mengakuisisi Tejas. (Aryo Nugroho/UC News)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan