Kunjungi Pindad, PM India Tekan Kerjasama Pertahanan

Perdana Menteri India, Narendra Modi, sudah berkunjunf ke Indonesia selama tiga hari yang kemudian akan dilanjutkan ke Singapura dan Malaysia.
Di Indonesia, Modi bertemu dengan
Presiden Joko Widodo, masyarakat India, serta kalangan dunia usaha.

Salah satu Nota Kesepahaman (MOU) yang
ditandatangani adalah kerjasama pertahanan, di antaranya terkait dengan meriam air buatan Pindad dan Tata Motors.

“Yang menarik, dalam hubungan kita dengan India, kita bisa melakukan . Misalnya, untuk industri strategis. Contohnya antara PT Pindad dan Tata Motors yang akan dipamerkan saat PM Modi berkunjung,” kata Menteri Luar
Negeri Retno Marsudi.

Saat ini India memang dipandang sebagai salah satu negara yang maju dalam hal teknologi persenjataan seperti baja, teknologi informasi, dan nuklir.


“Jadi ada kerjasama-kerjasama yang sifatnya berkaitan dengan teknologi. Selain ada kemungkinan penjualan sebagian produk dari Indonesia, juga akan dicoba dipakai oleh India,” jelas Riefqi Muna, peneliti kebijakanbluar negeri dan keamanan dari LIPI.

“Meskipun India memproduksi lebih banyak peralatan keamanan dan sudah lebih maju, namun di situ ada peluang yang cukup baik.”

Indonesia dan India memang telah memiliki sejumlah kesepakatan dalam bidang pertahanan, seperti tukar menukar pelatihan keamanan, tetapi pada tingkat operasionalnya dipandang belum memuaskan.


Sumber: viva

Baca Juga:  Marinir TNI dan US Marine Mendarat di Pantai Banongan

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan