Kursus Pengoprasian Rudal Qw-3 Kopaskhas

Wakil Komandan Pusdiklat Paskhas Letnan Kolonel Pas Solihin secara resmi membuka Kursus Sistem Senjata Rudal QW-3 Angkatan ke-1 Tahun Anggaran 2018 yang berjumlah 25 siswa berasal dari satuan jajaran Korpaskhas. di Lapangan Pusdiklat Paskhas, Lanud Sulaiman,
Margahayu, Bandung.

Dalam sambutan Komandan Pusdiklat Paskhas Kolonel Pas Chandra Waskita yang dibacakan oleh Wadan menyampaikan tujuan dilaksanakannya Kursus ini untuk membekali prajurit Paskhas agar dapat bertugas sebagai unsur dalam pertahanan udara Nasional dengan pengetahuan dan keterampilan pengoperasian Sistem Senjata Rudal QW-3.

Saya harapkan apa-apa yang nantinya akan diberikan oleh para pelatih/instruktur tentang ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam pengawaki senjata Rudal QW-3 baikbberupa Rudal maupun Radar, harus benar-benar diserap secara utuh serta dapat diaplikasikan apabila kalian nanti menghadapi medan tugas yang sebenarnya.

Kursus tersebut dilaksanakan selama 2nbulan di Satdik Hanud, Pusdiklat Paskhas dengan Materi Utama pengawakan Rudal.

Rudal QW-3 yang merupakan senjata
Pertahan Udara yang dimiliki Korpaskhas.

QianWei-3 (QW-3) adalah sebuah rudal anti pesawat jinjing yang diluncurkan dari bahu. Rudal permukaan-ke-udara ini pertama kali diperkanalkan di Zhuhai pada tahun 2002.


Tidak seperti rudal jinjing anti pesawatlainnya, rudal permukaan-ke-udara QW-3 tidak dilengkapi dengan penuntun infra merah tetapi menggunakan penuntun laser semi aktif yang unik (unique nose-mounted semi-active laser guidance seeker).

Penuntun laser ini menyebabkan rudal permukaan-ke-udaraini tahan terhadap flare panas yang diluncurkan pesawat khusus untuk menipu rudal pencari panas maupun sumber panas lain di darat.

Baca Juga:  TNI AL Akan Bentuk Komando Armada Gabungan Setara Kostrad

Dalam upacara tersebut dihadiri para Pejabat Perwira Pusdiklat Paskhas beserta para Instruktur.

Sumber: paskhas.mil.id

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan