Lanud Sam Ratulangi Gelar Latihan Bersama “Cope West” dan “Spear Iron” 2018

Latihan bersama antara TNI AU dengan US PACAF bersandi “COPE WEST” dan “SPEAR IRON” kembali akan digelar di Lanud Sam Ratulangi Manado. Latihan yang rencananya akan berlangsung mulai tanggal 12 sampai 23 Maret 2018 ini, akan di buka oleh Waasops Kasau, dalam suatu upacara militer di apron bandara Sam Ratulangi Manado. Ikut hadir dalam acara ini para perwakilan pelaku dari kedua Negara serta pendukung latihan lainnya.

Latihan bersama yang melibatkan personel militer dan belasan Pesawat dari kedua Negara ini dibagi dalam dua jenis latihan.

Latihan pertama dengan nama sandi “ COPE WEST “ berupa latihan dua Negara dengan menggunakan pesawat tempur F-16 TNI AU dan pesawat F-16 dari US Air Force, dimana pada latihan ini akan di simulasikan join operasi antara dua Negara dalam satu operasi udara secara bersama.

Kemudian latihan air combat operasi, dimana akan di simulasikan, pertempuran udara ( Dog Fight ) antara pesawat F-16 TNI AU dengan pesawat F-16 dari US Air Force. Kedua jenis latihan ini akan berlangsung di Wilayah Sulawesi Utara di atas kepulauan Sangir Talaud.


Selanjutnya, latihan kedua dengan nama sandi “ Spear Iron “ atau Tombak Besi. Pada latihan ini melibatkan unsur Paskhas dari TNI AU dan CCT (Combat Control Team) Spesial Force dari Amerika Serikat.

Baca Juga:  Minuteman III, Rudal Nuklir Raksasa Amerika yang Bisa Hantam Korut dalam 30 Menit

Dimana kedua Satuan Khusus ini bekerja sama dalam melakukan berbagai kegiatan latihan berupa, Penerjunan, Infiltrasi, Sar Tempur, dan Evakuasi. Kegiatan akan dilakukan di daerah Kakas Minahasa, dan akan dilakukan penerjunan malam hari.

Saat ini tim “ Spear iron “ sedang melaksanakan ground school untuk membahas skenario game dan
skenario penindakan, di Graha Merdeka Kayuwatu Manado.

Lanud Sam Ratulangi dibawah pimpinan Komandan Lanud Sam Ratulangi Kolonel Nav Insan Nanjaya SH. M.Avn. Mgt. disiapkan sebagai unsur pendukung kegiatan ini, diantaranya sebagai Base Operation dari Latma “Cope West” dan “Spear Iron”.


Penyiapan landasan aju pesawat F-16,
menyiapkan dukungan logistik, BBM,
akomodasi dan transportasi serta dukungan evakuasi medis. Bertindak sebagai Pimpinan Latma ini yaitu Waasops Kasau, Marsma TNI Anang Nurhadi S.E. sedangkan dari US Pacaf ialah Colonel Gibson.

Selain pesawat-pesawat tempur diatas, dalam latihan kali ini juga dikerahkan unsur angkut dari US Air Force diantaranya pesawat C-17 Globe Master, Helikopter Cinook untuk operasi infiltrasi dan Sar Tempur. Pesawat C -130 Hercules, Cn-295 dan Helikopter Super Puma.

Untuk pasukan dilibatkan personil Paskhas Batalyon 466 Makassar dibawah komando Danyonko, Letkol Pasukan Wendy Bahtiar serta direktur latihan Kolonel Pasukan Dicky Lukman ( Danwing) dari Wing 2 Paskhas.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan