Latihan Penyapuan Ranjau Satran Koarmada I di Perairan Kepri

Dalam rangka mendukung tugas TNI Angkatan Laut, Satuan Kapal Ranjau Koarmada I menggelar Latihan Penyapuan Ranjau di Perairan Kepulauan Riau selama 4 hari mulai 15 hingga 17 Desember 2018 lalu.

Latihan Penyapuan Ranjau Satran Koarmada I melibatkan Unsur Latihan diantaranya KRI Pulau Rusa-726, KAL Marapas Satrol Lantamal IV, Tim Demolisi Satkopaska Koarmada I dan Tim Kesehatan dari Balai Pengobatan Fasharkan Lantamal IV.

Kegiatan ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan perorangan maupun unsur-unsur serta menyinergikan dengan unsur terkait sebagai unsur pendukung dalam rangka melaksanakan Operasi Penyapuan Ranjau.


Komandan Satuan Kapal Ranjau Koarmada I Kolonel Laut (P) Rizaldi dalam sambutannya menyampaikan bahwa salah satu tugas TNI Angkatan Laut sebagaimana diamanatkan di dalam Undang-Undang adalah melaksanakan tugas TNI matra laut di bidang pertahanan, dimana hakekat pertahanan negara adalah segala usaha untuk mempertahankan kedaulatan negara, keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan keselamatan segenap bangsa dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Sasaran Latihan Operasi Penyapuan Ranjau yakni menguasai teknis dan prosedur dalam penggunaan alat serta manuver lapangan, menguasai dan mahir dalam melaksanakan pendeteksian kontak bawah air, menguasai dan mahir dalam melaksanakan penggelaran APR mekanik, menguasai dan mahir dalam melaksanakan netralisasi kontak bawah air, menguasai dan mahir dalam melaksanakan pembuatan alur terobos dan melewati medan ranjau.

Baca Juga:  KRI Teluk Lada-521 Buatan Dalam Negeri Masuk Jajaran Satuan Kapal Amfibi Koarmada III

Sumber : tni.mil.id

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan