Latihan Perang Korea Utara Gunakan Pesawat Kuno Serang Korea Selatan

Tidak ada akar rotan pun jadi, tidak ada bomber Pesawat Angkut Pun disulap jadi pesawat bomber. Hal itulah yang menimpa Korea Utara seperti diberitakan oleh Sputnik (23/8/2019) memiliki tetangga Korea Selatan yang dalam kondisi masih berperang dan mempunyai kualitas alutsista diatas angin membuat Korea Utara harus memutar otak agar setidaknya bisa menandingi tetangganya tersebut salah satunya adalah mengkonversi pesawat angkut era Perang Dunia II An 2 menjadi bomber

Untuk memberikan deterrence kepada Korsel pihak Korut melaksanakan latihan misi pengeboman strategis jauh kedalam wilayah Korsel. Dalam skenario yang rumit tersebut Angkatan Udara Korut menggunakan An 2 sebagai bomber untuk menyerang Pangkalan udara Korsel yang digambarkan sebagai markas jet tempur F15K Slam Eagle.

Apa yang dilatihkan oleh Korea Utara memang ini hal yang logis pasalnya kedua militer hanya dipisahkan beberapa mil saja dari Zona Demiliterisasi (garis Pararel 38) andaikata terjadi perang tukar menukar tembakan dapat terjadi dalam beberapa menit saja. Oleh karena itu hal pertama yang akan dilakukan oleh Korut adalah mengurangi superioritas udara yang dimiliki oleh Korsel.

Sebagai informasi An 2 sejatinya adalah pesawat yang dirancang oleh Oleg Antonov pada tahun 1947 pesawat ini dirancang sebagai pesawat angkut dan pesawat intai uniknya pesawat ini tidak pernah digunakan oleh Militer Soviet. Pesawat ini mendapatkan nama ketika dioperasikan oleh Kementerian Kehutanan Soviet.

Baca Juga:  Saab Siap Buka Pabrik Gripen di India dan Membantu Membuat Pesawat Sendiri Generasi ke-5

Namun di tangan Korea Utara pesawat ini bersalin rupa menjadi pesawat infiltrasi udara yang dapat mengangkut pasukan payung Korea Utara , selain itu menurut data yang didapat oleh Intelejen Korsel pesawat Biplane ini dimodifikasi agar bisa membawa roket dan bom untuk melakukan misi pemboman taktis/strategis.

Sumber: FP World Defense

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan