Liem Wong Su, Prajurit TNI Yang Dijuluki Mulut Berbisa

Djoni Liem yang terlahir dengan nama Liem Wong Su, adalah prajurit TNI dari etnis Tionghoa, beliau adalah purnawiraan  KKO Intai Amfibi dengan kemampuan yang melegenda. 
Selain lihai dalam olah fisik sebagai padukan katak amfibi dia punya kemampuan menyemburkan senjata dari mukutnya. Saat dia kehabisan peluru atau tak bersenjata ketika berhadapan dengan musuh, dia akan menyemburkan berbagai senjata dari mulutnya.

Benda seperti silet, jarum, pancing dan paku meluncur dari mukutnya ke arah musuh. 

Sebagai pasukan KKO Intai Amfibi Marinir, selama masa revolusi beliau selalu hadir di baris terdepa dalam sejumlah operasi perang di Indonesia.

Dilansir dari Surya, dia memiliki kemampuan yang unik, sekaligus mematikan. Yaitu menembak atau menyemburkan material dengan mulut.

Ia mampu meluncurkan benda-benda seperti jarum, mata kail pancing, silet bahkan beras dari mulutnya hingga sejauh 30 meter.

Gara-gara ketrampilan itupula ia dijuluki ‘Si Semburan Mulut Berbisa’.


“Latihan semburan ini memerlukan fisik dan mental yang di atas rata-rata,” jelasnya dalam sebuah majalah pada tahun 2012, lalu dikutip angkasa.co.id, Rabu (29/6/2016).

Kemampuan Djoni ini lahir sejak ia menjadi tentara. Saat ini merupakan purnawirawan dari Intai Amfibi Marinir.

Ia pensiun dengan pangkat terakhir Sersan Mayor (Serma) KKO (Iam) Purnawirawan Djoni Matius.

Kemampuan itu seringkali digunakan dalam kondisi terdesak, dan masih awet ia miliki sampai kini. Tak hanya itu, kemampuannya tersebut juga tidak dipendam secara pribadi.

Baca Juga:  China Protes Indonesia Terkait Penamaan Laut Natuna Utara

Kakek kelahiran 3 April 1934 ini juga melatih puluhan anggota IPAM (Intai Para Amfibi) untuk memiliki ilmu tersebut.

Nah, dalam sebuah situs berbagi video YouTube, yang diunggah pada 4 April 2016 lalu Djoni Liem menunjukkan kemampuannya secara jelas dan nyata. Video yang diabadikan pada satu minggu sebelum diunggah ini telah dilihat lebih dari 2.300 pengunjung.

Di situ sang kakek mendemonstrasikan kemampuannya menyemburkan sebuah jarum di hadapan orang-orang.

Jarum itu disemburkan dari jarak kurang lebih 20 meter dengan sasaran yang telah ditentukan, yakni batang pohon. Ia sukses menancapkan jarum yang ia sembur dengan dorongan mulutnya ke batang pohon.

Dikutip dari wikipedia, Sersan Mayor KKO (Purn.) Djoni Matius atau lebih akrab dengan nama “Djoni Liem” lahir di Bandung, Jawa Barat, 3 April 1934.

Dia adalah seorang Purnawirawan TNI Angkatan Laut berdarah Tionghoa dengan nama aslinya Liem Wong Siu.

Ia merupakan salah satu tokoh dalam Operasi Dwikora bersama Kapten KKO Winanto (Komandan IPAM saat itu).


Saat ini Djoni tinggal bersara istri Djeni Nani yang memiliki nama Tionghoa Tan Mei Hiang asli dari Singapura.

Berikut video unjuk kemampuan Djoni Liem

Advertisements

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan