LIG Nex 1, Kapal Mata-mata Tanpa Awak Buatan Korea Selatan

Konflik berkelanjutan dengan negara tetangganya membuat Korea Selatan harus memutar otak untuk membangun senjata strategis mematai-matai musuhnya. Salah satunya melalui media kapal laut tanpa awak.

Bulan Mei, Angkatan Laut Korea Selatan menjadwalkan akan melakukan uji coba pengoperasian kapal laut tanpa awak.

Di masa mendatang, Korsel akan menggunakan kapal ini untuk mematai-matai perairan yang berbatasan dengan Korea Utara.

“Uji coba pengoperasiannya oleh Angkatan Laut dari Mei sampai Juli mendatang,” ujar Badan Program Akuisisi Pertahanan (DAPA) Korea Selatan, seperti dilansir Korea Times, 27 April 2017.

Proyek kapal tak berawak ini diluncurkan pada akhir 2015 bekerja sama dengan LIG Nex 1, perusahaan asli Korsel di bidang pertahanan. Total biaya proyek kapal ini mencapai US$ 2,9 juta atau sekitar Rp 38,6 miliar.

Kapal laut tanpa awak ini memiliki panjang 8 meter, berat bobot 3 ton, dan kecepatan 30 knot. Sistem persenjataannya tidak dijelaskan secara rinci, tapi ada water cannon dan senjata pendukung lain. Semua pengerjaannya rampung November tahun lalu.

Kapal laut tanpa awak ini nantinya berfungsi memantau, mengintai, melakukan pengejaran, dan menerabas hambatan.

Beberapa pejabat DAPA mengatakan kapal laut tak berawak ini dapat menjadi model bagi militer untuk mengambil inisiatif dalam pengembangan dan penggunaan teknologi robot bergerak secara otonom.

Baca Juga:  Rusia Balik Serang Malaysia Terkait Sukhoi Su-30MKM Yang Krisis Suku Cadang

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan