Lima Ribu Prajurit Dilibatkan dalam HUT Ke-70 TNI

TNI akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-70 pada tanggal 5 Oktober mendatang. Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menjelaskan nantinya 5 ribu prajurit akan dilibatkan dalam perayaan kali ini.

“Nanti melibatkan 5.720 personel,” ujar Gatot di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/9/2015).

Tidak hanya ribuan personel yang terlibat, Panglima mengatakan seluruh alat utama sistem senjata (alutsista) dari tiga matra, baik yang lama maupun yang baru dibeli juga akan ditampilkan dalam HUT Ke-70 TNI nanti. “Nanti semuanya akan ditampikan,” ucap Gatot.

Gatot juga mengatakan ada yang berbeda dari pelaksanaan HUT Ke-70 TNI tahun ini, yakni akan
menampilkan latihan pertempuran udara oleh TNI AU maupun TNI AL.

“Sesuai dengan apa yang menjadi kebijakan Presiden, Indonesia jadi poros maritim dunia. Untuk itu tidak ada alternatif lain kita harus punya keunggulan di udara dan di laut, makanya pada saat ulang tahun nanti demonstrasinya lebih ke Angkatan Udara dan Angkatan Laut, demonstrasinya pertempuran udara dan laut,” ucap Panglima.

Panglima mengatakan simulasi pertempuran di udara maupun di laut tersebut juga bisa disaksikan oleh masyarakat setempat. Nantinya Panglima mengatakan HUT TNI juga akan mengedakan pesta rakyat.

“Dalam kesempatan ini saya dan Kepala Staf angkatan mengundang seluruh masyarakat untuk hadir di sana, sekaligus juga sekalian pesta rakyat,” kata Gatot

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan