Mahalnya Biaya Operasional Sukhoi Su-30 Buatan Rusia

Siapa yang tidak kenal keluarga jet tempur Sukhoi 27 dari Rusia? Pesawat gambot ini dikenal sebagai pesawat tempur tangguh dan jago dalam melakukan perang udara namun sebagaimana layaknya buatan manusia tentunya ada sisi negatif juga dari Si Penempur Superioritas Udara Rusia ini.

Diberitakan oleh Defence Blog (29/11/2019) beberapa analis militer salah satunya Andrey Porotnikov dari Belarus Security mengungkapkan keraguan terhadap Belarusia untuk bisa mengoperasionalkan jet tempur bermesin ganda ini secara keberlanjutan dikarenakan biaya untuk mengoperasikan jet Su 30SM mulai dari seluruh siklus hidup pesawat hingga pemeliharaan termasuk mahal.

Menurut Andrey Porotnikov biaya pengoperasian dan dukungan pesawat Rusia lebih mahal dari jet tempur F 16 buatan AS, biaya siklus hidup pesawat tempur untuk perkiraan masa pakai 35 tahun adalah 2-2,5 kali lipat dari harga pembelian akibatnya total biaya pemeliharaan rutin setiap Su 30SM akan menelan biaya 100-125 juta USD.

Permasalahan lain yang disorot oleh Andrey Porotnikov adalah siklus hidup mesin AL 31FP yang mentenagai Su 30SM, Menurit Andrey mesin pesawat Rusia secara tradisional lebih rendah daripada mesin barat tidak hanya dalam efisiensi bahan bakar tapi juga dalam hal perbaikan dan siklus hidup operasi”

Bagaimana dengan Indonesia sebagai salah satu pengguna jet tempur Su 30? Seperti dilansir oleh Tempo (5/11/2014) biaya operasional Sukhoi untuk sekali terbang mencapai 400 juta! Sungguh bukan harga yang murah pun begitu juga dalam perawatan TNI AU harus menerbangkan burung besi ini setelah mencapai angka 2.000 jam harus ke Rusia untuk menjalani perbaikan besar (Overhoul) tentunya juga akan menimbulkan ongkos di kemudian hari.

Baca Juga:  PT PAL Siap Produksi 3 Kapal Selam Yang 100% Lokal Untuk TNI AL

Buat apa punya pesawat tempur canggih tapi kalau jarang terbang, ini yang bikin Brazil dan Thailand memilih JAS Gripen, pesawat canggih dengan biaya terbang paling ringan saat ini.

Sumber: Wolrd Defense Zone

Russian Su-30 fighter jets criticized by Belarus, they want F-16

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan