Makin Mematikan, Su-35 Kini Dilengkapi Rudal Jarak Jauh R37M Dengan Radius 200KM

Pesawat tempur Sukhoi Su-35 akan dilengkapi dengan rudal udara ke udara jarak jauh R37M (RVV-BD) yang diklaim dapat menghancurkan sasaran dalam radius 200 Km dan memberikan keunggulan atas rudal lawan yang sebanding.

Filosofi perang antar pesawat tempur di masa sekarang adalah First See, First Win. Yang pertama kali mendeteksi musuh akan menang.

Integrasi rudal ini dengan Su-35 diharapkan selesai di akhir 2020 ini, saat ini R-37M sedang melakukan uji kompablitas dan integrasi elektromagnetik ke dalam Su 35.

Jika integrasi ini berhasil Su-35 akan menjadi pesawat ketiga yang dapat membawa rudal R-73M ini setelah Mig 31BM Foxhound dan Su-57 Felon.

Su-35 sendiri diharapkan bisa membawa 2-4 unit R-37M sehingga kemampuan tempurnya mendekati Su-57 Felon.

Dibandingkan rudal sekelasnya, R-37M secara teknis lebih baik dari pesaingnya buatan Amerika Serikat yaitu AIM 120D AMRAAM yang jangkauanya “hanya” mencapai 160 Km saja

R 37M sebetulnya dirancang untuk meningkatkan kemampuan pesawat tempur interceptor tua Mig 31BM yang sebelumnya menggantikan rudal R 33 yang sudah usang. R 37M beroperasi dengan prinsip fire and forget, sedangkan untuk pemandu menggunakan semi active radar homing atau active radar homing yang artinya dapat mengejar sasaran menggunakan radarnya sendiri.

Menurut Letjen Valery Gorbenko mantan Komandan Angkatan Udara Rusia Ke 4 “senjata baru ini akan meningkatkan kemampuan tempur Su 35, rudal ini akan terlubat dalam berbagai misi seperti pertempuran defensive dan offensive. Rudal ini dapat dengan mudah menjatuhkan pesawat AEW, bomber dan pesawat tempur lawan karena sulit bagi lawan untuk melarikan diri dari rudal R 37M ini”

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan