Malaysia Lirik Pesawat Tempur Buatan India, HAL Tejas

Setelah sempat menimang-nimang jet tempur JF-17 Thunder buatan Pakistan, Pemerintah Malaysia dan TUDM (Tentera Udara Diraja Malaysia) nampaknya lebih berkenan dengan jet tempur pesaingnya, Tejas dari India.

Sinyal ketertarikan kuat Malaysia terhadap Tejas dimunculkan dengan rencana pabrikan HAL (Hindustan Aeronautics Limited) dan Pemerintah India untuk memamerkan jet tempur Tejas dalam pameran LIMA (Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition).

India akan memamerkan Tejas dalam konfigurasi tempat duduk tunggal dan ganda. Pemerintah Malaysia memang ingin agar Tejas dibawa ke Malaysia sehingga pilot-pilot TUDM bisa menjajal kemampuan jet tempur tersebut.

Pabrikan HAL mengatakan bahwa pilot-pilot AU India akan menerbangkan jet tempur kursi tunggal dan ganda dari skadron 45 di Sulur, Tamil Nadu yang merupakan skadron udara evaluasi dan operasi Tejas.


Tejas sendiri sudah mencapai status FOC (Fully Operational Clearance) yang menandakan bahwa jet tempur ini sudah bisa diproduksi dan dikirimkan untuk Angkatan Udara India, dan tentu saja dijual ke negara sahabat yang berminat.


Sumber: The Asian Age, UC News (Aryo Nugroho)

Baca Juga:  Erdogan Pecat 11.500 Guru Etnis Kurdi Dengan Alasan Terorisme

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan