Malaysia Mau Beli Pesawat Intai Maritim P8 Poseidon

Memiliki wilayah laut yang rentan terhadap klaim membuat Malaysia harus berinvestasi pada pertahanan maritim seperti diberitakan oleh Astro Awani (20/11/2019) Angkatan Udara Malaysia berencana untuk membeli drone dan pesawat intai maritime (MPA) sebagai mata dan telinga militer Malaysia di kawasan perbatasan lautnya.

Menurut KSAU Malaysia Jenderal Tan Sri Affendi Buang “pembelian belum akan dilakukan dalam waktu dekat ini, saat ini kami sedang mengkaji semua kemungkinan. Kami berharap dalam wakti tiga tahun kedepan akan kami dapatkan sebuah nama untuk drone dan pesawat intai maritime”

Kenapa kajian membutuhkan waktu tiga tahun? Menjawab pertanyaan itu Jenderal Tan Sri Affendi Buang menjawab “di tingkat Pemerintah untuk melakukan pembelian senjata biasanya memakan waktu tiga tahun untuk melakukan penilaian setelah itu pihak AU Malaysia dan Pemerintah bersepakat untuk membeli jenis pesawat tersebut”

Sebagai informasi beberapa waktu yang lalu beredar kabar AU Malaysia sedang mempertimbangkan tiga nama sebagai calon pesawat intai maritim yaitu P 8 Poseidon, C 295 MPA dan ATR 72 MP namun hingga saat ini belum terdengar lagi gaungnya.

Sumber: http://www.astroawani.com/berita-malaysia/tudm-sedang-nilai-dua-jenis-pesawat-bagi-tingkatkan-keupayaan-rondaan-222819

Baca Juga:  Xi Jingping : Tahun 2050 China Akan Kuasai Dunia

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan