Malaysia Tambah 4 Kapal Patroli Baru di Sabah

Markas Besar Administrasi Armada Timur, Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM), akan menerima empat kapal patroli generasi baru (Patrol Vessel) untuk memperkuat tingkat kontrol dan keamanan di perairan negara bagian Sabah.
Komandan Armada Timur, Laksamana Laksamana Datuk Syed Zahiruddin Putra Syed Osman, mengatakan dua aset tersebut akan diterima tahun ini, KD Selangor diperkirakan akan tiba di pangkalan TLDM Kota Kinabalu di Teluk Sepanggar pada hari Sabtu dan KD Kelantan pada bulan Maret.

Dia mengatakan dua kapal serupa lainnya, KD Pahang dan KD Terengganu, diharapkan bisa diperoleh tahun depan.

“Sejauh ini, kami punya KD Kedah dan KD Perak. Bila semua aset ada di sini, basis ini memiliki enam aset utama Armada Timur.

“Selain itu, sebanyak 18 kapal misi pesisir (LMS) ) akan ditempatkan di sini, Tawau dan Sandakan di Sabah dan Bintulu, Sarawak. Empat kapal sedang dibangun di China dan diperkirakan akan selesai dalam waktu dua tahun,” kata setelah menyelesaikan Peringatan Panglima Tertinggi Armada Timur dan Program Admiral On Deck.


Sebanyak 41 petugas dan 271 anggota melibatkan 10 platun mengikuti parade yang diadakan di lantai dasar KD Sri Kota Kinabalu, Pangkalan TLDM Kota Kinabalu.

Sementara itu, Syed Zahiruddin Putra, mengatakan bahwa Kementerian Pertahanan menyetujui alokasi RM20 juta untuk proyek kesejahteraan dan kesejahteraan warga TLDM Kota Kinabalu.

Baca Juga:  Kapal Frigat FFX-II Kelas Daegu Mulai Perkuat AL Korea Selatan

Dana tersebut akan digunakan untuk memperbaiki infrastruktur di Pangkalan TLDM Kota Kinabalu, selain untuk kesejahteraan anggotanya dan keluarga mereka katanya.

Syed Zahiruddin Putra menambahkan pihaknya juga meningkatkan kesiapan untuk memantau perairan Sabah untuk menghadapi musim Pemilihan Umum Raya ke 14 (PRU14) yang diperkirakan akan digelar dalam waktu dekat.

“Patroli di semua area praktis seperti biasa, tapi kami hanya memperbaiki segi akurasi, sensitivitas dan sistem radar,” katanya seperti dilansir bharian.com.my

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan