Mantan Panglima Israel Akhirnya Akui Pasok Senjata Untuk Pemberontak Suriah

Konflik Suriah yang berkepanjangan sejak tahun 2012 akhirnya terkuak dalangnya diberitakan Times Of Israel (3/12/2019) mantan Kepala Staf Israel Defense Force (IDF) Jenderal Gadi Eisenkot untuk pertama kalinya mengakui bahwa Israel memang memberikan persenjataan kepada kelompok-kelompok pemberontak Suriah terutama yang menguasai Dataran Tinggi Golan.

Pengakuan Jenderal Gadi Eisenkot ini tak bisa dibilang mengejutkan pasalnya selama ini Negeri Yahudi ini getol untuk menyerang Suriah karena keberadaan Iran yang selama ini menjadi sekutu Presiden Bashar Assad selain Rusia untuk memberangus kelompok radikal ISIS.

Melalui Operastion Good Neighbor Israel dilaporkan memberikan dukungan berupa gaji sekitar 75 USD/bulan/orang kepada pemberontak plus menyediakan senjata, bahan makanan, peluru serta logistic lainnya kepada kelompok-kelompok anti Assad sekaligus untuk mencegah pasukan proxy Iran dan ISIS mendirikan wilayah terror di sekitar perbatasan.

Foto: newsweek.com

Dikumpulkan dari beberapa sumber Israel mulai menjalani Operasi Good Neighbor pada tahun 2013 dengan mendukung pemberontak yang berdiam di kota Quneitra dan Daraa, namun dukungan tersebut harus berakhir setelah pasukan pemerintah berhasil merebut kedua kota tersebut dan menyita berbagai macam persenjataan canggih seperti senapan serbu, senapan mesin, dan rudal anti tank yang rasanya sulit dimiliki oleh pemberontak jika tidak mendapat dukungan dari negara asing.

Sebagai informasi Operasi Good Neighbor (Tetangga Baik) adalah operasi klandestin penyelundupan senjata yang disamarkan sebagai bantuan kemanusiaan di Suriah termasuk merawat anak-anak korban perang, membangun klinik di Suriah dan memasok ratusan ton makanan, obat-obatan dan pakaian ke desa-desa yang dilanda perang.

Baca Juga:  Penghancuran Monumen Kawa Hadad Kurdi Oleh Pasukan Turki dan Pemberontak

Sumber: World Defense World
https://www.timesofisrael.com/idf-chief-acknowledges-long-claimed-weapons-supply-to-syrian-rebels/?fbclid=IwAR0PnoZz2DXZd6TTnLh8kakQghUHR03Mle7dFM0AesIbMVQD2uq_SR30xKg

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan