Marinir Amerika Mulai Gunakan Rompi Pelindung Generasi Terbaru

United States Marines Corps (Marinir AS) mulai menggunakan rompi pelindung generasi baru yang memberikan kesesuaian, bentuk, dan fungsi yang lebih baik.

Rompi Carrer Generation III akan menggantikan Plate Carrier lama, yang telah digunakan sejak 2011.

Rompi terbaru ini diklaim lebih ringan sistem pelindung yang lebih baik dari peluru maupun dari serpihan peluru.

“Sistem ini melindungi pasukan Marinir di medan perang,” kata Letkol Andrew Konicki, Manajer Program Peralatan Tempur Infanteri di Komando Sistem Korps Marinir (Marine Corps Systems Command – MCSC). “PC (Plate Carrier) Gen. III ini lebih unggul karena hampir 25 persen lebih ringan daripada teknologi lama.”

Pada 2016, Komando Sistem Korps Marinir melakukan penelitian untuk menganalisis komponen dan keefektifan versi prototipe PC Gen. III. Marinir menguji baik sistem lama dan prototipe baru selama berbagai rintangan pengujian, termasuk berjalan sejauh 15 kilometer dengan kecepatan tetap.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta pengujian menyelesaikan pengujian lebih cepat dan berkondisi lebih baik ketika menggunakan teknologi yang lebih baru. Mobilitas pasukan Marinir dan kemampuan menangani senjata meningkat ketika menggunakan prototipe PC Gen III, kata Konicki.

Keunggulan lain dari PC Gen. III terletak pada kemampuan untuk disesuaikan-nya. MCSC menambah variasi ukuran, memungkinkan hampir 15.000 lebih personil Marinir AS – baik pria dan wanita – untuk masuk ke dalam sistem bila dibandingkan dengan teknologi lama. Sistem yang baru juga lebih pas ditubuh, meningkatkan perlindungan dan mengurangi risiko cedera karena ukuran yang tidak tepat.

Baca Juga:  Ingin Lepas Dari Pesawat Buatan Amerika, Jepang Diancam Donald Trump

Sistem rompi baru dirancang agar sesuai dengan individu dari semua ukuran dan status — dari 2 persen personil Marinir wanita hingga 98 persen personil Marinir pria. Lengkungan pada pelat pelindung terkait mengakomodasi ukuran dada dan perut tanpa mengorbankan perlindungan.

Personil infanteri Marinir AS akan menjadi yang pertama menerima PC Gen. III. Setelah itu rompi pelindung yang baru akan dikirimkan ke unit pendukung. Kantor program memperkirakan PC Gen. III akan mencapai Kemampuan Operasional Penuh (FOC) pada tahun fiskal 2023. (Sumber: defpost,com/TSM Angga Saja)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan