Media Asing Kagum Lihat Prajurit TNI Makan Ular Berbisa

Aksi atraksi prajurit TNI saat menyambut kedatangan Menteri Pertahanan Amerika Serikat James Norman Mattis tidak hanya dikagumi sang menteri tapi juga para jurnalis media asing.

Diantaranya adalah VOA News dan Al Jazeera English memposting video aksi prajurit itu melakui akun Twitter resmi mereka.

“Pasukan khusus Indonesia melakukandemonstrasiantiterosime yang terperinci untuk Menteri PertahananASMattis yang berkunjungdiJakarta pada hari Rabu,” demikian cuitan @VOANews sepertidilihatdetikcom, Kamis (25/1/2017).

Dalam video yang diposting VOA, terlihat aksi-aksi prajurit TNI. Mulai dari sejumlah prajurit yang memecahkan bata penuh api, seorang prajurit yang berjalan di papan penuh api bertelanjang kaki, hingga prajurit-prajurit yang memakan ular hidup.

Dalam video itu, tampak Menhan AS tertegun melihat aksi prajurit TNI. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto turut mendampingi Mattis saat menonton demonstrasi penanganan teror oleh Prajurit TNI.

Hal yang sama juga diberitakan oleh media Al Jazeera. Media ini pun memposting cuplikan aksi demonstrasi prajurit TNI yang di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (24/1).

“Minum darah ular, berguling di kaca, memecahkan batu bata dengan kepala mereka. Inilah bagaimana militer Indonesia menunjukkan keahlian unik mereka untuk Menteri Pertahanan AS Jim Mattis,” tulis Al Jazeera dalam akun Twitter mereka, @AJEnglish.

Sebelumnya diberitakan, Menhan AS James Norman Mattis melempar pujian terhadap prajurit-prajurit TNI yang unjuk kebolehan saat ia berkunjung ke Mabes TNI. Salah satu atraksi yang ditampilkan adalah aksi makan ular.

Baca Juga:  Tim Jupiter TNI AU Akan Beraksi di Singapore Airshow 2018

“Ularnya! Apakah Anda lihat bagaimana mereka membuat ular-ular itu lelah dan kemudian menariknya? Cara mereka memutar-mutar ular di udara hingga ular-ular itu cepat lelah,” kata Mattis kepada wartawan dalam penerbangannya ke Vietnam seperti dilansir Reuters.

Sederet unjuk kebolehan prajurit TNI memang ditampilkan di depan Mattis. Ada aksi prajurit yang ditutup matanya lalu menembak balon di sela-sela kaki prajurit lainnya.

Prajurit TNI juga unjuk kebolehan menghancurkan batu bata dengan kepala hingga aksi memakan dan meminum darah ular kobra. Di ujung penampilan, prajurit TNI mempertontonkan simulasi menyelamatkan sandera.

Mattis tampak menikmati unjuk kebolehan para prajurit TNI tersebut. Kedatangannya ke Mabes TNI ini juga menjadi penutup kunjungan tiga harinya di Indonesia.

Menurut Mattis, unjuk kebolehan prajurit TNI itu menunjukkan betapa intensnya pelatihan yang mereka jalani.


“Ketika Anda melihat tentara melakukan itu, banyak hal kecil yang bisa dilakukan dengan sempurna, Anda bisa bayangkan bagaimana mereka mengerjakan hal-hal besar,” puji Mattis seperti dilansir detik.com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan