Mengaku Salah Pencet, Pilot AU Spanyol Tembakkan Rudal AMRAAm

Seorang pilot jet tempur Eurofighter Typhoon AU Spanyol yang sedang melaksanakan latihan pengamanan udara NATO di wilayah Baltik dari ancaman penerbangan gelap pihak Rusia, melakukan aksi penembakkan rudal AIM-120 AMRAAM.

Dalam keterangan pers resminya, pihak AU Spanyol bahwa insiden lepasnya rudal AIM-120 itu karena tidak sengaja. Pilot salah memencet tombol saat berasa di atas wilayah Estonia.

Insiden tersebut sangat berbahaya di tengah memanasnya hubungan Eropa dan Rusia. Saat kejadian, rudal yang dibawa juga merupakan rudal dengan hulu ledak aktif.

Rudal itu meluncur di atas wilayah udara area Pangodi. Karena rudalnya adalah rudal supersonik dengan jarak jangkau jauh, sulit untuk mengikuti rudal itu kemana pergi.


Beruntung rudal AIM-120 AMRAAM memiliki mekanisme penghancuran diri kalau tidak menemukan sasaran, namun sampai serpihannya ketemu, otoritas NATO meyakini bahwa rudal itu jatuh utuh ke darat. Penembakan rudalnya sendiri terjadi kemarin, pukul 15.44.

Saat ini otoritas AU Spanyol sedang mencari rudal itu dengan memusatkan area pencarian 40 kilometer di sisi Utara Tartu. Militer Estonia pun membantu melakukan pencarian dan meminta publik untuk tidak mendekati segala sesuatu benda yang bentuknya menyerupai rudal. Ada-ada saja, apa komentar Rusia ya?


Sumber: UC News

Baca Juga:  Mesir Terima Pengiriman Pertama MIG-35 Dari Rusia

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan