Mengenal Rudal Vympel R-73 TNI AU

image

Rudal Vympel R-73 adalah salah satu rudal andalan jet-jet tempur kelas Sukhoi di Arsenal TNI AU. Ini adalah rudal udara ke udara yang sangat ampuh dalam dog fight antar jet tempur di udara.


Pertama kali dikembangkan pada tahun 1973 oleh Vympel NPO. Cara kerja R-73 adalah mengincar panas yang dihasilkan target, dengan pemandu sensor infra merah (infra red guided) all aspect. R-73 dapat menghajar target dari beragam sudut dan posisi.

Fungsi utama rudal ini dipersiapkan untuk meladeni dog fight bahkan dalam situasi paling dekat sekalipun yaitu hingga level 12G. Kelebihan lainya, dioperasikan dari segala kondisi cuaca, dan sudah anti jamming.

R-73 dapat diintegrasikan dengan helm pilot sehingga pilot bisa membidik sasarannya dengan hanya melihatnya melalui kaca helm. Tenaganya berasal dari roket berbahan bakar padat (solid fuel rocket engine).

Untuk bermanuver, R-73 memiliki empat sirip kontrol yang terletak di bagian depan serta stabilizer di bagian belakang sayap. R-73 juga memiliki thrust-vectoring yang memungkinkannya untuk melakukan manuver paling ekstrim sekalipun.


Spesifikasi R-73:
Manufaktur : Vympel dan Tblisi Aircraft Manufacturing
Berat : 105 kg (231 lb)
Berat hulu ledak : 7,4 kg
Panjang : 2,9 meter
Diameter : 17 centimeter
Wingspan : 51 centimeter
Kecepatan : 2.5 Mach
Jangkauan Maks : 40 km
Tenaga : solid-fuel rocket engine

Baca Juga:  ‚ÄčTNI Borong Senjata Dari Ceko Senilai 500Milyar Rupiah

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan