Menhan Turki Bantah Mau Beli Sukhoi Su-35, Tetap Berharap Beli F-35 Dari Amerika Serikat

Menteri Pertahanan Nasional Turki Hulusi Akar pada hari Selasa (29/10) membantah laporan media tentang rencana Ankara untuk membeli jet tempur Su-35 Rusia.

“Laporan bahwa Turki akan membeli jet tempur Su-35 tidak benar. Kami adalah mitra dalam proyek pesawat F-35 bersama Amerika. Kami ingin hak-hak kami diberikan,” kata portal berita Haberler yang mengutipnya.

Koran Daily Sabah Turki melaporkan pada 25 Oktober bahwa Ankara dan Moskow hampir mencapai kesepakatan tentang pembelian 36 jet tempur Su-35 Rusia untuk Turki. Selain dari itu, surat kabar itu mengklaim, bahwa pihaknya melihat kemungkinan produksi komponen-komponen tertentu untuk pesawat Rusia di Turki.

Sementara itu, direktur Dinas Federal Rusia untuk Kerja Sama Teknis Militer Dmitry Shugayev mengatakan pada 22 Oktober bahwa masih terlalu dini untuk berbicara tentang negosiasi kontrak pengiriman Su-35 Rusia dan Su-57 ke Turki. Namun, katanya, konsultasi sedang berlangsung.

Topik kemungkinan pembelian jet tempur Rusia oleh Turki muncul setelah kunjungan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan ke Moskow pada 27 Agustus. Dia menunjukkan minat pada pesawat tempur Sukhoi ketika bersama-sama dengan Presiden Rusia Vladimir Putin mengunjungi pameran kedirgantaraan MAKS-2019 di luar Moskow. Dia mengatakan dia tidak mengesampingkan bahwa Turki dapat saja membeli jet Su-35 Rusia dan Su-57 sebagai ganti F-35. “Kenapa tidak,” katanya.

Gedung Putih mengatakan pada pertengahan Juli bahwa “keputusan Turki untuk membeli sistem pertahanan udara S-400 Rusia membuat keterlibatannya dengan F-35 tidak mungkin berlanjut.” Ankara berencana untuk membeli 100 pesawat F-35 dan memproduksi beberapa peralatan, avionik dan elemen hull di bawah program F-35.

Baca Juga:  Mesin Pertama Pesawat Tempur KF-X Telah Dikirim

Sumber : tass.com, TSM Angga Saja

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan