Mesir Incar Meriam Howitzer K9 Thunder Buatan Korea Selatan

A K9A1 Thunder self-propelled howitzer on display at the EDEX show held in Cairo from 29 November to 2 December 2021. (Hanwha Defense)

Militer Mesir sedang mempertimbangkan untuk memperoleh 155 mm K9 Thunder tracked self-propelled howitzer (SPHs) dan kendaraan pendukungnya, hal itu dilansir oleh Hanwha Defense, negosiasi dilakukan selama pameran EDEX yang diadakan di Kairo pada 30 November.

Meskipun tidak mengungkapkan rincian lebih lanjut tentang kemungkinan kesepakatan, pada hari yang sama kantor berita Korea Selatan Yonhap mengutip pejabat industri pertahanan yang mengatakan itu akan mencakup kendaraan pemasok amunisi K10 dan transfer teknologi untuk memungkinkan produksi lokal sistem artileri tersbut di Mesir.

Korea Selatan sebelumnya telah mentransfer teknologi K-9 Thunder ke Turki, lalu Turki memproduksi varianya sendiri dengan label T-155 Fırtına.

Jika kesepakatan selesai, Mesir akan menjadi negara Arab pertama yang memesan K9, sebelumnya meriam ini telah diekspor ke beberapa negara Eropa dan India.

Sebuah foto K9 yang konon diambil di Mesir pada pertengahan 2017 memicu spekulasi bahwa howitzer sedang diuji coba untuk persaingan tender pengadaan. Pesaing utamanya adalah si meriam CAESAR Prancis yang juga dipakai oleh TNI AD.

Sumber: janes com

Baca Juga:  Rusia Tarik Mundur Pengawas Militer dari Timur Ukraina

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan