Mesir Kembali Terima Kapal Induk Helikopter Dari Perancis

Angkatan Laut Mesir kembali menerima kapal induk helikopter/ Landing Helicopter Dock (LHD) kelas Mistral dari Galangan DCNS Perancis, pada tanggal 16 September di pelabuhan Saint-Nazaire Perancis.

Ini adalah kapal kedua jenis LHD yang dimiliki Mesir, dinamai Anwar Sadat, Presiden dan Pahlawan Nasional Mesir yang terkenal karena strateginya dalam  perang Yom Kipur, yang mampu mengalahkan Israel dan merebut kembali semenanjung Sinai. 

Kapal LHD pertama diberi na Gamal Abdel Nasser, telah diserahkan kepada Angkatan Laut Mesir pada bulan Juni tahun ini.


CEO dan pimpinan DCNS Hervé Guillou mengatakan: “Penyerahan  landing helicopter dock vessel (LHD) Anwar El Sadat ini menunjukkan kepercayaan yang telah kami bangun dengan Republik Arab Mesir untuk mendukung pengembangan angkatan lautnya.”


“Kami sangat bangga melihat, dengan bendera Mesir, sebuah kapal yang merupakan hasil dari keunggulan industri Perancis.”

“Angkatan Laut Mesir dapat mengandalkan total komitmen DCNS dan mitranya, di antaranya STX Perancis, dan saya juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Perancis atas dukungannya secara penuh atas seluruh proyek ini.”

Dengan kapasitas displacement 22,000 ton, kapal sepanjang 199m tersebut didorong oleh sistem propulsi elektrik yang menggunakan pod dan dapat beroperasi pada kecepatan lebih dari 18 knot.

Kapal LHD ini dilengkapi dengan sebuah rumah sakit yang memungkinkan untuk memenuhi misi kemanusiaan serta dapat digunakan untuk berbagai misi seperti angkut pasukan, peralatan, helikopter berat, dan kapal ini juga memiliki sistem komunikasi yang membuatnya cocok untuk bertindak sebagai kapal komando dalam armada angkatan laut.

Baca Juga:  USS Carl Vinson (CVN 70) Kunjungi Vietnam Kali Pertama Sejak Perang Vietnam

LHD Gamal Abdel Nasser dijadwalkan akan berpartisipasi dalam latihan bersama antara angkatan laut Mesir dan Perancis sebelum dipangkalkan di Alexandria.

Perusahaan DCNS juga telah melatih 180 pelaut Mesir di Saint-Nazaire sejak Juni tahun ini untuk mengoperasikan kapal tersebut.

DCNS juga dikontrak oleh Kementerian Pertahanan Mesir untuk memasok empat korvet kelas Gowind, dan pada tahun lalu telah menyerahkan kapal multi-mission FREMM Tahya Misr untuk AL Mesir.

Selain itu, galangan kapal DCNS dijadwalkan untuk memasok tujuh kapal tempur untuk Angkatan Laut Mesir pada tahun 2020, sebagai bagian dari upaya untuk memodernisasi sistem pertahanan negara Mesir.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan