Mi-PSV, Helikopter Tercepat di Dunia Buatan Rusia

Amerika Serikat dan Rusia sedang bersaing membuat helikopter tercepat di dunia.

Jika AS punya roadmap bertajuk FVL (Future Vertical Lift) yang diluncurkan tahun 2004, dengan dua prototipe helikopter yakni Sikorsky-Boeing SB>1 Defiant dan Bell V-280 Valor.

Rusia baru memulai program helikopter cepat pada tahun 2009. Dua biro desain dan produsen, Mil dan Kamov bersaing menunjukkan desain, namun Mil yang menang.

Biro Desain Mil yang terpilih sebagai pemenang proyek. Digelontor dana riset bernilai 3,6 miliar rubel atau setara 1,3 miliar dolar AS.

Untuk mempercepat proyek, Mil tidak membuat helikopter yang 100 persen baru tapi mengambil dasar desain heli Mi-24K untuk dikembangkan menjadi PSV (Perspektivny Skorostnoi Vertolet atau helikopter cepat prospektif/masa depan). Kode nya pun ditulis Mi-PSV

Mock-up Mi-PSV mulai diperlihatkan untuk umum dalam pameran kedirgantaraan MAKS 2015. Lalu uji terbangnya pada akhir Desember 2015. Heli terbang dari basis Biro Desain Mil di Tomolino dekat ibu kota Moskow.


Mirip dengan pesawat, untuk meningkatkan aerodinamika, seluruh roda Mi-PSV bisa dimasukkan ke dalam badan helikopter.


Selain rotor, Mi-PSV juga mengadopsi sepasang mesin turboshaft Klimov VK-2500 yang juga digunakan heli serang Mi-28 dan Ka-52 masing-masing berdaya 2.400 hp. Mesin VK-2500 lebih kuat dibanding mesin standar bawaan Mi-24 yakni Klimov TV3-117 yang hanya berdaya 2.200 hp.

Baca Juga:  Ilusi atau Nyata? HAARP Senjata Pengontrol Cuaca Amerika Serikat

Kombinasi bilah rotor dengan mesin baru ini meningkatkan laju kecepatan Mi-PSV sebesar 30 persen dibanding Mi-24 versi standar. Kecepatan jelajah meningkat dari 264 km/jam ke 359 km/jam dan kecepatan maksimum dari 333 km/jam menjadi 400 km/jam.

Bahkan, dalam sebuah penerbangan uji cobanya pada awal Oktober 2016, Mi-PSV berhasil mencatatkan angka tercepat hingga 405 km/jam. Sebuah rekor baru untuk helikopter dengan konvigurasi rotor utama dana rotor ekor konvensional.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan