MIG-29 Rusia Jatuh Selepas Take Off dari Kapal Induk di Suriah

MiG-29 fighter jets in 2012. (AP Photo/Darko Vojinovic, File)

Sebuah jet tempur MiG 29 dilaporkan jatuh di laut Mediterania beberapa saat setelah take off dari Kapal Induk Kutzetsova pada hari Minggu.

3 Pesawat dilaporkan take off terbang dari Kapal Induk Admiral Kuznetsov lalu terbang ke arah Suriah. Tapi 1 dari 3 pesawat dilaporkan mengalami masalah mesin dan berusaha memutar arah kembali ke arah kapal Induk.

Lalu jet tempur tersebut jatuh ke dalam air. Pilot berhasil melontarkan diri dan segera dievakuasi menggunakan helikopter dan dilaporkan dalam kondisi sehat walafiat.

Mig 29 mulai didesain di akhir tahun 1970-an oleh Uni Sovyet untuk melawan F-15 dan F-16 Amerika Serikat. Mulai aktif di militer Sovyet pada tahun 1980-an.

Di kawasan ASEAN, Malaysia membeli 12 MIG-29 sebagai jawaban untuk Indonesia saat Presiden Soeharto membeli F-16 dari Amerika Serikat. 4 dari Mig-29 Malaysia sudah jatuh dan saat ini sedang dalam kondisi sangat buruk karena minimnya suku cadang. Sedangkan F-16 TNI AU masih siap terbang dengan berbagai paket dukungan upgrade meski sempat diembargo pada 1998-2005.


Berikut profil dari MIG-29


Baca Juga:  Rudal THAAD Amerika Tiba Di Korea Selatan Disambut Demonstrasi

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan