Militer Afghanistan Tangkap Emir ISIS Pembantai 25 Umat Sikh

Pada 4 April, pasukan keamanan Afghanistan menangkap Aslam Farooqui, yang disebut sebagai “Emir” dari ISIS Provinsi Khorasan (ISIS-KP), dalam sebuaj operasi khusus.

Farooqui, yang nama aslinya adalah Mawlawi Abdullah, bertanggung jawab atas pembantaian di Kabul baru-baru ini. Beberapa teroris ISIS kelompoknya menyerbu kuil Sikh di ibukota Afghanistan pada 25 Maret pagi, menewaskan lebih dari 25 warga sipil dan melukai banyak orang lainnya.

Pada bulan April 2019, Farooqui menggantikan Mawlawi Zia-ul-Haq, alias Abu Omar Khorasani, sebagai pemimpin ISIS di Khurasan. Teroris itu diduga berafiliasi dengan kelompok teroris Lashkar Taiba, yang diketahui aktif di Pakistan dan India. Farooqui adalah warga negara Pakistan dari Daerah Orakzai, yang berbatasan dengan Afghanistan.

Farooqui akan diperiksa oleh Direktorat Keamanan Nasional (NDS) Afghanistan, yang sekarang sedang menyelidiki pembantaian Kabul.

Penangkapan Farooqui tanpa ragu merupakan pukulan besar bagi ISIS di Afghanistan, yang saat ini meningkatkan kegiatannya di Kabul dan bagian lain Afghanistan dalam beberapa bulan terakhir. Operasi ini juga menunjukkan kemampuan domestik yang meningkat dari pasukan keamanan Afghanistan.

ISIS kemungkinan akan menunjuk pengganti untuk Farooqui segera. Kelompok teroris telah menggantikan setidaknya lima “Emir” sejak 2015.

Baca Juga:  Konflik Segitiga di Myanmar: Arakan vs Rohingya vs Militer Myanmar

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan