Militer Mesir, Dari Senjata Usang Sekarang Jadi Terkuat di Timur Tengah

Mesir adalah negara terkuat di benua Afrika. Secara global negara ini menempati posisi ke-12 dari 137 negara yang ditinjau oleh Global Fire Power dengan power indeks 0,2283 (0,0000 adalah poin sempurna).

Negara dengan penduduk 100juta jiwa ini diperkirakan memiliki 920ribu prajurit dengan 440 ribu personel aktif, dan 480 ribu personel cadangan. Dengan 3 matra, yaitu angkatan udara (AU), angkatan darat (AD), dan angkatan laut (AL).

Di bawah kepemimpinan Hosni Mubarak selama lebih 30 tahun Angkatan bersenjata Mesir sempat mangkrak dengan senjata tua dan usang. kemudian kembali mengalami peningkatan signifikan di bawah kepemimpinan Presiden Abdel Fattah el-Sisi saat ini.

El-Sisi mendorong pembaharuan doktrin militer Mesir, pengadaan senjata, dan inter-operabilitas dengan pasukan sekutu yang disertai peningkatan pelatihan, pemeliharaan, dan kesiapan keseluruhan.

Upaya keras kemiliteran Mesir tersebut juga menjadikannya negara dengan kekuatan militer terkuat kedua di Timur Tengah setelah Turki dan disusul oleh Israel di posisi ketiga menurut Forbes.

Pasukan pertahanan Mesir kini sedang dalam program rekapitalisasi peralatan, dengan pesawat tempur baru, helikopter serang, dan rudal.

Baca Juga:  Pesawat F18 Super Hornet Luncurkan 100 unit Micro Drone

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan