Militer Suriah Sukses Intersep BOM Spice 1000 Yang Ditembakkan Israel

Pasukan Pertahanan Udara Arab Suriah (SyAADF) mencegat sebuah bom luncur SPICE 1000 selama serangan udara Israel pada 22 Juli di Homs.

Bom yang dipandu ditembak jatuh oleh SyAADF di atas Lebanon. Sisa-sisa bom jatuh di dekat kota Lehfed di Gunung Lebanon. Lehfed terletak 80 km dari target utama serangan udara Israel, Pangkalan Udara al-Daba di pedesaan selatan Homs Suriah.

SPICE [Smart, Precise Impact, Cost-Effective] adalah bom berpemandu EO/GPS yang dikembangkan Israel untuk mengubah bom luncur tak terarah yang dapat dijatuhkan dari udara menjadi bom berpemandu presisi. Spice 1000 adalah varian untuk hulu ledak berbobot 450 kg seperti MK-83, MPR1000, BLU-110 dan RAP-1000. Ini memiliki jangkauan 100 km.

SyAADF telah mencegat bom luncur SPICE 1000 sebelumnya, termasuk di dekat ibu kota Suriah, Damaskus, pada Januari 2019.

Serangan Israel 22 Juli tidak mengakibatkan kerugian manusia. Namun demikian, Pangkalan Udara al-Daba, pusat logistik utama Hizbullah di Suriah, rusak parah.

Israel tampaknya berencana untuk mengintensifkan serangannya ke Suriah. Serangan 22 Juli adalah yang kedua minggu ini. Serangan pertama, yang menargetkan beberapa posisi di Aleppo timur, terjadi pada 19 Juli.

Baca Juga:  Ngeri, Mesir Borong 500 Tank MBT T-90MS Dari Rusia Untuk Diduetkan Dengan Tank M1 Amerika

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan