Mirip Adegan Film Spiderman, Amerika Uji Serangan Kawanan 250 Drone

Permah nonton film Spiderman Far From Home? dalam film tersebut dikisahkan betapa dahsyatnya peran drone dalam sebuah serangan.

Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA), badan riset militer Amerika menyadari potensi drone sebagai pasukan infanteri pembuka serangan.

DARPA terungkap sedang menguji sekawanan besar drone secara bersamaan untuk menemukan target dan mengumpulkan intelijen dalam sebuah misi serangan kota.

Program tersebut merupakan bagian dari Offact Swarm-Enabled Tactics (OFFSET) DARPA.

Dalam ujian itu dikerahkan 250 drone baik yang terbang maupun berbentuk kendaraan mini di darat.

Misi utamanya menghimpun informasi langsung tentang garis depan musuh dan situasi secara umum.

Pengujian itu dilakukan di sebuah kompleks gedung di Pusat Pelatihan Pasukan Bersama Kamp Shelby DARPA di Hattiesburg, Mississippi.

Dalam melaksanakan misi, kawanan drone membagi diri menjadi beberapa kelompok yang berbeda, masing-masing dengan tugas yang taktis.

Sementara beroperasi secara otonom, rekaman langsung dari drone-drone itu dipantau oleh operator manusia. Menurut laporan yang diunggah di blog resmi DARPA, koordinator manusia cukup mengamati drone melalui antarmuka laptop.

Dari enam simulasintes, hanya tigabyang berhasil. DARPA mengatakan tiga tes yang tersisa harus dilakukan pada interval enam bulan, menunjukkan masih bisa beberapa tahun sebelum teknologi digunakan di skenario konflik langsung.

Baca Juga:  Amerika Siap Bantu India Membuat Mesin Jet 

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan