Mobil Rantis Bima M-31, Siap Dijual Untuk Umum

Dalam gelaran pameran senjata Indo Defence 2018, ada satu kendaraan taktis yang memukau pengunjung pameran. Yaitu Bima M-31 buatan PT. Cakra Tunggal Dharma (CKD). Bima M-31 berfungsi sebagai FAV (Fast Attack Vehicle) dalam operasi militer

Bima-31 memekai konsep kendaraan ringan lincah tapi siap bermanuver di segala medan. Desain pipa tubular yag menjadi daya tarik utama mobil ini didesain oleh FADworks yang sebelumnya juga telah membantu pembuatan purwarupa rantis SSE P6 dan DMV-30T.

Ada dua versi dari Bima M-31 ini, pertama varian standar dengan kabin terbuka yang dapat mengangkut empat orang personel dengan senjata senapan mesin kaliber 7,62mm.

Versi kedua adalah yang menggunakan daun pintu lengkap dengan jendela dan atap kanvas serta model pick-up untuk angkut logistik.

Foto: IG Ferdyrgphotos

Spesifikasi Bima M-31 ini memiliki dimensi panjang 4,5 m, lebar 2,0 m, dan tinggi 1,65 m dengan wheelbase sepanjang 293 cm. Rantis berbobot 1,5 ton ini digerakkan menggunakan mesin diesel berdaya 1.198 cc yang disandingkan dengan transmisi otomatis 6 percepatan. Bobotnya yang ringan ditunjang tenaga yang besar menjadikan Bima M-31 memiliki mobilitas tinggi disegala medan yang dilewatinya.


Selama pameran Indo Defence(7-10 November), Bima M-31 selalu turun mengisi acara ‘Live Demonstration Indo Defence’ yang diawaki oleh personel prajurit dari Tontaipur Kostrad.

Foto: IG Ferdyrgphotos

Bima M-31 tampil hebat melakukan atraksi dan menaklukkan rintangan. Beberapa perwira tinggi TNilI juga turut mencoba, diantaranya Letjen TNI Putranto Anto.

Baca Juga:  Dua Sukhoi Su-30 Dijemput Pesawat Antonov Untuk Perawatan di Rusia

Yang menarik adalah PT. CTD tak hanya menawarkan Bima M-31 untuk militer saja tapi juga untuk kalangan sipil.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan