Modernisasi Pesawat Ilyushin IL-76MD Rusia

Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia telah menerima pesawat Ilyushin Il-76MD-M hasil modernisasi dari Il-76MD oleh Ilyushin Aviation Complex, bagian dari United Aircraft Corporation (UAC). Demikian disampaikan Ilyushin dalam keterangan persnya.

Saat ini pesawat tersebut berada di salah satu basis Penerbangan Transpor Militer milik Angkatan Udara Rusia.

Pesawat tersebut merupakan seri produksi pertama dari program modernisasi 30 unit Il-76. Sebelum digunakan oleh AU Rusia, pesawat diserahterimakan terlebih dahulu dari pihak pabrikan kepada Kemhan Rusia.

Modernisasi Il-76 mencakup modifikasi, refurbish mesin, serta penambahan sistem-sistem baru di pesawat sehingga pesawat ini dapat dikatakan ‘setara’ dengan pesawat baru Il-76MD-90A yang telah lebih dulu diterima AU Rusia dua tahun lalu.


Beda dengan Il-76MD-M yang masih menggunakan mesin lama D-30KP, seri -90A telah menggunakan mesin baru PS-90A. Selain itu seri -90A atau biasa disebut Il-476 ini memiliki desain sayap yang baru, roda pendarat yang lebih kokoh, sistem manajemen trafik udara global pada kokpit digitalnya, serta kelengkapan perangkat elektro-optik/inframerah (EO/IR).


Proses modernisasi Il-76 dilaksanakan mengingat biaya yang dibutuhkan hanya sepertiga dari biaya bila membeli pesawat baru Il-76MD-90A. Paling tidak, dengan cara ini Kemhan Rusia bisa menambah usia pakai 30 Il-76 lama selama 15 tahun ke depan berikut kelengkapan fitur-fitur barunya.

Untuk pesawat baru Il-76MD-90A sendiri, dikabarkan AU Rusia telah memesan sebanyak 39 unit. (Angkasa Review)

Baca Juga:  Drone Wing-Loong II China Terbang Perdana

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan