Molor Lagi, Kontrak Pembelian Sukhoi Su-35 Baru Akan Dibuat

Pihak berwenang Indonesia telah mengkonfirmasi minat mereka untuk membeli jet tempur Su-35. Duta Besar Indonesia untuk Rusia Supriyadi Wahid mengatakan kepada kantor berita RIA Novosti bahwa kontrak untuk membeli jet tempur produksi Rusia akan disimpulkan sebelum akhir 2016.

Saat ini, Moskow dan Jakarta membahas rincian kontrak. Akuisisi jet tempur dilakukan dalam rangka program kerja sama dan kolaborasi pertahanan dalam memerangi ekstremisme dan terorisme di dunia.
Pemerintah Indonesia ingin membeli Su-35 Rusia, untuk menggantikan F-5 Tiger yang menua. Laporan menyebutkan bahwa F-5 telah beroperasi selama lebih dari 40 tahun.

Su-35 adalah pesawat tempur serbaguna produksi Rusia generasi 4 ++, yang diciptakan oleh spesialis dari Sukhoi.Adapu  mpdel ekspor memiliki kode Su-35E. 


Sejak 2013 saat prototype pertama meluncur, Indonesia sudah berada dalam barisan terdepan untuk mendapatkan pesawat ini. Semua berubah sejak pergantian Presiden dari Susilo ke Jokowi. Penandatangan kontrak yang seharusnya sudah ditekan tahun 2015 terus molor. Jumlah pesanan juga turun, awalnya Indonesia menginginkan 16 unit tempur dan 2 unit versi latih, tapi sekarang hanya 12 saja yang diminta Indonesia.

Pihak Rusia juga tak ambil pusing, karena China telah deal teken kontrak pembelian Su-35. Beijing dikabarkan membeli 24 pesawat tempur dari jenis ini.


Indonesia kapan? 

Advertisements
Baca Juga:  Kapuspen TNI : Isu Waspadai ‘Kuda Troya’ JK dan Gatot Nurmantyo Tidak Benar

1 Trackback / Pingback

  1. Ada Blantik Dibalik Molornya Pembelian Sukhoi Su-35 - militermeter.com

Tinggalkan Balasan