Mulai Belanja Lagi, Malaysia Terima 6 Unit Meriam Nexter Dari Perancis

Setelah hampir 2 tahun (2018-2019) “puasa” belanja, Tentara Darat malaysia (TDM) mulai belanja lagi. Tahun 2020 TDM akan menerima Meriam Nexter LG-1 MKIII kaliber 105Mm dari Perancis.

Total ada 6 unit dengan spesifikasi cukup mumpuni. Meriam ini akan dilengkapi dengan peluru amunisi jarak jauh ERG3 long-range 105 mm yang bisa menhantam sasaran sejauh 17 km. Kemudian dilengkapi komputer balistik Bacara. Kompter ini merupakan kalkulator balistik entry-level untuk operator yang menginginkan kemampuan balistik ringan.

Pembelian Meriam ini juga dilengkapi alih teknologi ke Malaysia. Dengan dikirim secara Completly Knock Down, yaitu secara terurai dari Perancis lalu akan dirakit oleh perusahaa Advanced Defense System (ADS) Johor hingga menjadi siap operasional.

Sebagai informasi Meriam Nexter LG 1 MKIII mempunyai bobot yang cukup “bersahabat” yaitu hanya 1,5 ton saja! Seperti disebutkan di atas meriam ini merupakan meriam portable yang bisa dipindahkan dimana saja dengan mudah melalui media udara jika menggunakan pesawat angkut Hercules bisa membawa 4 pucuk.

Tidak heran dengan keringksannya meriam ini menjadi primadona banyak angkatan bersenjata di dunia. TNI AD dan Korps Marinir TNI AL pun berencana untuk mengakusisi meriam canggih ini masing-masing 36 unit dan 1 Kompi

Baca Juga:  AD Amerika Borong Black Hornet, Drone Kecil Mungil

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan